Kali ini Begal Payudara beraksi di kawasan Antapni, Jl Purwakarta, Kota Bandung, Jawa Barat. Seperti dilansir HealthDetik, diceritakan akun twitter @Ka*****gi, saat itu korban mengenakan pakaian tertutup, mendapati pengendara motor lain meremas payudaranya dengan kencang. Korban pun langsung syok dan takut.

Waspada Aksi Begal Payudara, Ini Dampak Traumatis dan Tips Menghadapinya
source: https://health.detik.com/

Perilaku meremas payudara di jalanan secara random tentu meresahkan. Kejadian semacam ini menjadi potret buram sulitnya untuk perempuan melakukan aktivitas sehari-hari. Selain menjadikan korban syok dan ketakutan, aksi begal payudara ini juga dapat menimbulkan dampak traumatis yang akan dialami korban. Seperti apa dampak traumatis tersebut.

Dampak Traumatis Korban Begal Payudara

Menurut Felicia Ilona Nainggolan, Psikolog Klinis, melalui Health.Detik mengatakan bahwa trauma yang dialami korban begal payudara bisa berupa rasa takut untuk keluar rumah, rasa tidak aman, dan perasaan was-was serta curiga berlebihan terhadap orang lain.

Dampak Traumatis Korban Begal Payudara
source: https://health.detik.com/
"Ditandai dengan rasa takut untuk keluar rumah, saat berada di jalanan ia merasa tidak aman, ada perasaan was-was dan curiga berlebihan terhadap orang lain, sering teringat dengan kekerasan seksual yang pernah dialami," ujar psikolog klinis Felicia Ilona Nainggolan.
source: https://health.detik.com/
baca juga

Sedangkan psikiater dr Nova Riyanti Yusuf, SpKJ (dr Noriyu) melalui Detik mengatakan jika mengalami kondisi tersebut, sebaiknya korban segera melakukan konsultasi dengan pihak yang kompeten. Selain itu, korban sebaiknya melapor pada petugas keamanan dan bisa ditindaklanjuti.

Dampak Traumatis Korban Begal Payudara
source: https://news.detik.com/
"Kalau mau dilaporkan ke petugas keamanan terdekat ya boleh saja. Tidak bisa dipungkiri, gangguan ini berisiko pada keseimbangan dan kondisi kesehatan mental korban," kata dr Noriyu.
source: https://news.detik.com/

Saran Psikolog Untuk Korban Begal Payudara

Masih dilansir Health.Detik, Felicia Ilona Nainggolan, MPsi, psikolog klinis dari Personal Growth mengatakan ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk membela diri saat diserang begal payudara. Diantaranya adalah:

  • Lakukan berbagai cara untuk mendapat atensi dari orang-orang sekitar (misal: berteriak), hal ini dilakukan supaya pelaku merasa takut dan kita mendapat bantuan dari orang lain.
  • Segera jauhi pelaku dan lari ke tempat yang lebih ramai, dirasa lebih aman dan kita bisa mendapat pertolongan.
  • Jika rasa takut atau sedih masih dirasakan, temui atau hubungi orang yang bisa diajak bercerita agar kita mendapatkan dukungan moral dan emosional.
Saran Psikolog Untuk Korban Begal Payudara
source: https://tirto.id/

Ingat ya, Moms. Pelecehan seksual bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan pada siapa saja. Jadi Moms harus ekstra berhati-hati dan membentengi diri.