Moms, saat ini memang sedang marak fenomena pengemis online, yaitu sejumlah orang yang meminta bantuan lewat pesan singkat di laman media sosial kepada sejumlah teman media sosial atau selebritis menjadi perbincangan hangat. Bahkan, beberapa artis dan influencer tersebut tanpa malu-malu memamerkannya ke publik di laman media sosial. Banyak selebritis menyebutkan bahwa hal itu menjadi ajang untuk berlomba-lomba memamerkan kebaikan di media sosial.

Ketika 'Ngemis Online' Lebih Menjanjikan, Ini Kata Psikolog
source: https://www.suara.com/

Artis sekaligus presentes Melaney Ricardo, seperti dilansir Insertlive, Melaney menceritakan pengalaman dirinya yang sering mendapatkan pesan dari para pengemis online. Bahkan Melaney juga kerap mendapatkan tawaran berupa organ tubuh seperti ginjal.

Ketika 'Ngemis Online' Lebih Menjanjikan, Ini Kata Psikolog
source: http://gudangviral.blogspot.com/
"Nggak apa apa sih, kalo kita mau kasih yaudah kalo nggak mau kasih yaudah. Saya pernah juga diminta biaya nikah tapi saya juga pernah ditawari ginjal milik orang lain," ujar Melaney saat menjadi panelis di Insert Story, Rabu (23/10).
source: http://gudangviral.blogspot.com/

Melaney pun mengaku sedih melihat banyaknya netizen tanpa mengenal dekat berani meminta bantuan lewat pesan di media sosial.

baca juga

Fenomena baru pengemis online ini memang menjanjikan, Moms. Seperti yang baru-baru ini terjadi di New York, Amerika. Seperti dilansir Dailymail, seorang pria berusia 25 tahun bernama Jovan Hill yang sempat mencuri perhatian karena berhasil meraup uang hingga Rp56 juta per bulan. Jovan mencoba mencari biaya untuk hidup dengan melakukan live streaming kehidupannya sehari-hari dan meminta sumbangan dari aksi live streaming-nya tersebut.

Ketika 'Ngemis Online' Lebih Menjanjikan, Ini Kata Psikolog
source: https://www.suara.com/

Tanggapan Psikolog Tentang Pengemis Online

Menanggapi fenomena pengemis online ini, psikolog Intan Erlita melalui Insertlive mengatakan hal itu seharusnya membuat banyak orang terutama publik figur waspada akan adanya penipu ulung.

Tanggapan Psikolog Tentang Pengemis Online
source: https://www.insertlive.com
"Kalau begini, seharusnya menjadi hal yang diwaspadai banyak orang termasuk publik figur. Banyak banget penipu ulung. Makanya, kita bisa bantu untuk lihat langsung kondisi dan identitas diri," ujarnya pada acara Insert Story, Rabu (23/10).
source: https://www.insertlive.com
baca juga

Intan juga menyarankan sebaiknya para selebritis tersebut memberi bantuan pada ring 1 yaitu orang-orang disekitarnya terlebih dahulu. 

"Kita bisa bantu ring 1 yang sekitarnya kita dulu, seperti keluarga maupun tetangga dulu. Baru ring 2 boleh kita kasih akhirnya kita malah ngajarin mereka untuk nggak mau berusaha," paparnya lebih lanjut.
source: https://www.insertlive.com/

Intan menambahkan bahwa banyak efek yang terjadi dengan fenomena ngemis online yang marak terjadi ini.

Wah Moms jangan sampai fenomena ini terjadi pada Moms dan keluarga, ya. Mendapatkan uang dengan cara yang mudah tentu keinginan semua orang. Namun pantaskah ketika tangan di bawah lebih banyak dipilih daripada tangan di atas?