Preeklampsia seringkali tidak disadari oleh ibu hamil. Jika tidak disadai dan tidak ditanganin dengan baik, maka dapat berkembang menjadi eklampsia, dimana kondisi ini dapat membahayakan ibu dan janin. Biasanya, gejala preeklampsia baru mulai muncul saat usia kehamilan memasuki usia 20 minggu atau lebih.

Kaki Bengkak Saat Hamil, Normal Atau Gejala Preeklampsia?
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRjV0HBgZ-ABfcJ2ZVsJAf7w0h9cX_7g9aNNQHukZ6Oswl_Id26

Melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin setiap bulannya merupakan salah satu cara mendeteksi adanya preeklampsia. Jika tekanan darah menunjukkan angka 140/90 mm Hg, segeralah konsultasi dengan dokter kandungan.

Melansir dari Haibunda, dr. Boy Abidin Sp. OG mengatakan dalam acara Dr. Oz di Trans TV, “Kalau ibu hamil periksa ke dokter kandungan, selain ditimbang, salah satu yang penting di cek adalah tekanan darahnya. Tekanan darah normal di bawah sekitar 120/80 mmHg.”

Kaki Bengkak Saat Hamil, Normal Atau Gejala Preeklampsia?
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRyoXsYE8Li6wWqfpymzqJmV1aujAWLrORghHxQunyi2hKPSbNY
baca juga

Gejala lain yang kerap muncul selain tekanan darah yang tinggi yaitu sesak napas akibat adanya cairan di paru-paru, sakit kepala hebat, berkurangnya volume urin, berkurangnya penglihatan, rasa nyeri bada bagian perut sebelah kanan, gangguan fungsi hati, pembengkakan pada tangan, kaki, dan wajah, serta menurunnya jumlah trombosit.

dr. Reisa Broto Asmoro pada acara TV yang sama mengatakan pembengkakan pada kaki wajar terjadi pada ibu hamil karena adanya perubahan hormon. 

“Jadi pada saat hamil, memang dilepaskan hormon-hormon yang memicu tubuh menahan lebih banyak cairan dan garam, " kata dr. Reisa dilansir dari Haibunda.

Kaki Bengkak Saat Hamil, Normal Atau Gejala Preeklampsia?
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcSRZ26KFXSQr3HoKZk5K-T0MPjGDkQI7hfpbDNvWl6qp4dONiII

Pembengkakan kaki yang merupakan gejala preeklampsia yaitu jika dibarengi dengan kenaikan tekanan darah dan protein tubuh. Selain itu, pembengkakan terjadi secara tiba-tiba dan berlebihan.

"Kalau bengkak kaki tidak disertai peningkatan tekanan darah dan tidak ada protein yang keluar melalui urine, itu bukan preeklampsia. Jadi, harus kita lihat, tidak hanya bengkak kakinya saja," papar dr. Boy.

Kaki Bengkak Saat Hamil, Normal Atau Gejala Preeklampsia?
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRLSiu0M-CIo7U-iRdZLXwNBd7Foy3cbDXjxxPZejpmLC2vpLfm

Demikian beberapa informasi mengenai preeklampsia pada ibu hamil. Semoga bermanfaat Moms!