Seperti dilansir Haibunda, Saat berbincang dengan dr.Andri Primadhi Sp.OT(K), dokter ortopedi yang berpraktik di RS Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat, posisi duduk seperti itu biasa saja. Layaknya orang duduk saja, namun memang hanya beberapa orang yang bisa melakukannya. Posisi kaki Jokowi bisa dibilang sangat lentur, apalagi di usianya sudah menginjak 58 tahun.

Viral Duduk Silang Ala Jokowi Sampai Jadi Challenge, Bahaya Nggak Sih, Moms?
source: https://www.tribunnews.com/
"Biasa saja, mungkin (Jokowi) banyak olahraga, itu pengaruhi kelenturan sendi," kata Andri kepada HaiBunda.
source: https://www.tribunnews.com/

Andri menambahkan, pada orang normal jika sering berolahraga, maka tendon, sendinya akan lebih lentur. Selain itu, ada faktor lain yakni keturunan. Bisa jadi, kaki Jokowi sedemikian lentur karena keturunan.

Menurut Andri, pada dasarnya kelenturan bisa dilatih. Bisa dengan berolahraga yang rutin, latihan stretching atau peregangan.

Viral Duduk Silang Ala Jokowi Sampai Jadi Challenge, Bahaya Nggak Sih, Moms?
source: https://bacaterus.com/
"Anak-anak tuh pasti bisa posisi seperti (Jokowi) itu, karena mereka masih lentur," sambung Andri.
source: https://bacaterus.com/
baca juga

Challenge Duduk Silang Ala Jokowi

Saking viralnya gaya duduk Jokowi yang bersila, alhasil posisi duduk Jokowi pun memancing netizen untuk melakukan sebuah challenge dengan hashtag #ChallengeDudukSilang. Seperti dilansir Insertlive, banyak netizen yang akhirnya langsung mencoba gaya duduk silang ala Jokowi tersebut. Mereka yang mencoba bahkan mengaku jika tak mudah untuk duduk ala Jokowi.

Seperti seorang netizen dengan akun instagram @entin_sutini, dia menggunggah foto ketika mencoba melakukan challenge duduk silang ala Jokowi dengan menuliskan caption

"Wakaka.. lagi rame di grup yoga.. duduk silang ala pakde.. susyeeh ternyata brosis... 🤭🤣 #challengeduduksilang #jokowichallenge"

Challenge Duduk Silang Ala Jokowi

Dari viralnya gaya duduk ini, banyak netizen yang kagum. Karena dengan begitu, mereka menganggap bahwa kondisi Jokowi masih sehat dan bugar di usianya yang kini menginjak 58 tahun.

Bahaya Duduk Silang Ala Jokowi

Seperti dilansir CNNIndonesia, ada bahaya yang mengancam jika Moms mau mencoba duduk dengan kaki menyilang. Diantaranya adalah:

  • Menyebabkan pegal di punggung dan leher
  • Berpotensi bikin varises
  • Membuat tekanan darah tinggi
  • Berefek buruk pada saraf

Wah cukup berisiko ya Moms ternyata.

Bahaya Duduk Silang Ala Jokowi
source: https://www.cnnindonesia.com/

Meski viral, namun menurut dokter ortopedi yang berpraktik di RS Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat, dr.Andri Primadhi Sp.OT(K) mengatakan bahwa jika ingin mencoba duduk silang ala Jokowi sebaiknya perlu rajin stretching dahulu dan jangan asal mencoba, ikutan menekuk-nekukan kaki seperti posisi duduk Jokowi.

Nah Moms, masih mau ikutan #ChallengeDudukSilang ala Jokowi?