Manfaat Mengajarkan Shalawat Pada Anak Sejak Dini

Tumbuh Menjadi Anak yang Sholeh dan Sholeha
Menginginkan anak tumbuh menjadi anak yang sholeh dan sholeha moms? Nah, salah satu cara menjadikan anak sholeh maupun sholeha moms mengajarkan shalawat pada sang buah hati. Dengan mengajarkan shalawat sejak dini adalah wujud pendidikan dasar untuk mendekatkan serta menumbuhkan keimanan anak. Selain itu, dengan sering bershalawat anak akan mengenal dan dekat pada Rasulullah

Menumbuhkan Rasa Cinta dan Rindu pada Rasulullah SAW
Saat anak masih kecil mungkin buah hati belum memahami makna bershalawat. Namun, sebagaimana proses belajar yang bertahap, semakin moms rajin mengajak anak belajar shalawat maka si kecil kelak bukan hanya mengenal namun juga cinta dan rindu pada Rasulnya. Dan kelak anak dewasa moms akan lebih mudah mengajarkan tentang Rasulullah terutama kaitanya dengan sunah ya moms.

Mampu Mengamalkan Shalawat yang Benar
Sebagai umat muslim, memperbanyak shalawat kepada Rasulullah SAW adalah salah satu hal yang dianjurkan dan bernilai ibadah. Nah, bila moms terbiasa mengajarkan shalawat pada si maka melantukan shalawat bukan lagi hal sulit bagi buah hati, bonusnya si kecil pun akan makin mahir melantunkan serta mengerti.

Nah, untuk memahirkan lantunan shalawat penting bagi moms agar selalu memperdengarkan shalawat pada anak, baik secara langsung atau melalui media. Oh ya, moms mungkin saat kecil pengucapan anak masih belum jelas namun jika moms terbiasa mengoreksi maka anak akan lebih baik dalam pengucapannya kelak.

Manfaat Mengajarkan Shalawat Pada Anak Sejak Dini

Memperoleh Manfaat Shalawat yang Luar Biasa
Ketika shalawat telah moms ajarkan pada buah hati, maka kelak segala manfaat dan ganjaran dalam bershalawatpun akan didapatnya. Antara lain mendapat syafaat dari Rasulullah di hari kiamat. Sebagaimana Rasulullah bersabda dalam HR.At Tabrani yang artinya:

“Barang siapa yang bersholawat kepadaku di pagi hari 10 kali dan di sore hari 10 kali, maka dia akan mendapat syafaatku pada hari kiamat.”

Selain itu, shalawat mampu menghilangkan rasa bakhil pada anak lho moms, Rasulullah bersabda,

Orang yang disebut pelit adalah ketika di sebut namaku di sisinya lalu ia tidak bershalawat untukku.” (HR. Tirmidzi).


Nah, ajarkan shalawat pada anak agar terhindarkan sifat pelit dari kecil penting mengajarkan shalawat baginya.

Untuk manfaat shalawat yang lain yaitu, mendapatkan kebahagiaan dan kepuasan lahir maupun batin, memeperoleh pengampuni dosa-dosanya, menaikan derajat, membuat kondisi hati menjadi bersih, dan masih banyak manfaat lainya.

Bagaimana moms, banyak kan manfaat dari mengajarkan anak bershalawat. Manfaat bershalawat juga dapat diperoleh hingga kelak diakhirat lho. Jadi mulai hari ini yuk ajari anak bershalawat agar hidup makin dekat dengan Allah dan Rasulnya. Semangat moms!