Shalat Dhuha adalah ibadah yang dilakukan sebanyak 2 rakaat atau lebih. Disebut Dhuha sebab waktu pelaksanaannya dimulai dari waktu setelah matahari semakin tinggi hingga dekat dengan waktu zawal, yaitu tergelincirnya matahari ke arah barat.

Sedekah Pagi dengan Shalat Dhuha, Apa Saja Manfaatnya?

Sedekah dengan Seluruh Persendian

Dalam HR. Muslim no. 2377 disebutkan bahwa, “Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan memiliki 360 persendian.” Hal ini pun telah dikemukakan oleh beberapa dokter mengenai jumlah persendian dalam tubuh manusia yang sesuai dengan sabda Rasulullah.

Nah moms, sebagai muslim, anggota tubuh juga diwajibkan untuk bersedekah setiap harinya, lho. Waduh! Terus gimana? Jangan dulu khawatir. Seyogyanya, setiap bentuk pendekatan diri kepada Allah sesungguhnya termasuk sedekah. Jadi hal ini tidak sulit untuk dilakukan, kan?
Salah satu ibadah yang mendapat pahala sedekah secara jelas diungkapkan dalam HR. Muslim no.  720 yang artinya:

Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at” (HR. Muslim no.  720).

youtube:9fQP0IjVIdE
source: https://www.youtube.com/watch?v=9fQP0IjVIdE
Tata Cara Sholat Dhuha LENGKAP: Doa Sholat Dhuha, Waktu Sholat Dhuha, Keutamaan Sholat Dhuha (2019)

Alangkah baiknya jika setiap pagi moms dan keluarga memulai aktivitas dengan sedekah atau melaksanakan shalat Dhuha. Sudah selayaknya mesyukuri segala bentuk nikmat yang telah Allah berikan. Apabila kita bersyukur atas seluruh anggota tubuh, entah itu tangan, kaki, maupun yang lainnya, sama pula kita bersyukur kepada Allah karena nikmat tersebut.
 
Selain pahala sedekah dengan semua persendian tubuh, melaksanakan shalat Dhuha juga dapat memudahkan setiap urusan, termasuk mengenai rezeki berupa harta. Dari hadits dari Nu’aim bin Hammar Al-Ghothofaniy, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad, 5:286; Abu Daud, no. 1289, Tirmidzi, no. 475; Ad-Darimi, no. 1451)


Gimana moms, mudah banget, kan? Rasulullah sudah member petunjuk bahwa kita bisa mengganti sedekah 360 persendian dalam tubuh hanya dengan melaksanakan shalat Dhuha. Jadi, masihkah terasa berat padahal sudah diberi berbagai kenikmatan hidup. Yuk, rutinkan shalat Dhuha!