Menurut dr.Muliaman Mansyur, MPASI adalah momen pertama anak mengenal tekstur dan rasa makanan. Hal ini juga membuat anak untuk melatik kepekaan pancainderanya.

"Momen makan pertama ini penting untuk merangsang dan menstimulasi pancaindra seperti indra pengecap, perasa, penciuman, dan motorik kasar bayi, saat proses memberikan makan," ujar dokter yang menjabat Head of Medical Kalbe Nutritionals, dikutip dari Detikcom.

Manfaat kacang hijau

Untuk resep bubur susu kacang hijau dan melon ini mengandung banyak manfaat untuk si kecil. Karena tiap bahannya, memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Salah satunya adalah kacang hijau. Kacang hijau dikenal sebagai 'gudang' vitamin dan mineral. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung protein, karbohidrat, zat besi, fosfor, sodium, vitamin C, riboflavin, vitamin B6, vitamin A dan vitamin K.

Manfaat kacang hijau untuk MPASI si kecil adalah untuk membantu perkembangan fisik dan mentalnya. Selain menjadi sumber protein, kacang hijau dapat memelihara kesehatan mata, membantu menjaga sistem imunitas tubuh, berperan sebagai antinflamasi dan mendukung perkembangan otak.
Manfaat kacang hijau
source: http://www.go-dok.com
baca juga

Manfaat buah melon

Tidak mau kalah dengan kacang hijau, melon juga memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya. Melon kaya akan vitamin A, C, kandungan kalsium yang tinggi dan kandungan beta karoten yang baik untuk tubuh. Adapun manfaat buah melon untuk MPASI si kecil adalah menjadi antioksidan untuk menangkal radikal bebas, melindungi hati dari kerusakan, memperkuat sistem pertahanan tubuh mengurangi peradangan dan bagus untuk menjaga kesehatan mata.
Manfaat buah melon
source: http://www.healthline.com
Dilansir dari HaiBunda, kandungan gizi kacang hijau, susu dan melon bila diolah menjadi MPASI untuk si kecil adalah:
  • Energi: 142,5 kkal
  • Protein: 29,5 gram
  • Lemak: 1,6 gram
  • Karbohidrat: 28,2 gram
baca juga

Mengutip buku 101 Menu MPASI Sehat, resep MPASI bubur susu kacang hijau dan melon ini bisa diberikan untuk bayi usia 6 - 7 bulan. Adapun bahan-bahan dan cara pembuatannya, sebagai berikut:

Bahan:

  • 40 gram tepung kacang hijau
  • 100 ml air
  • 100 ml ASI perah (ASIP)
  • 50 gram melon

Cara membuat:

  1. Campur tepung kacang hijau dengan air, aduk hingga merata.
  2. Masak di atas api kecil, aduk sampai matang, lalu angkat.
  3. Campurkan ASIP sedikit demi sedikit hingga tercampur rata.
  4. Blender buah melon dengan sedikit air matang, lalu campurkan ke dalam bubur kacang hijau.
  5. Sajikan di mangkuk dalam keadaan hangat, berikan pada bayi menggunakan sendok kecil.
Manfaat buah melon
source: http://www.solusisehatku.com
Nah, itu dia resep MPASI bubur susu kacang hijau dan melon untuk si kecil. Resepnya cukup mudah, kan, Moms? Selamat mencobanya!