Kandungan gizi telur bebek

Telur bebek mengandung protein, lemak, antioksidan, multivitamin dan juga mineral. Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam telur bebek, antara lain:  vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin D, folat, selenium, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan mangan.

Dikutip dari Alodokter, satu butir telur bebek mengandung:
  • 130 kalori
  • 9 gr protein
  • 1 gr karbohidrat
  • 100 mg sodium
  • 150 mg kalium
  • 154 gr fosfor
  • 600 mg kolesterol
Apabila dibandingkan dengan telur ayam, telur bebek ternyata memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi.
Kandungan gizi telur bebek
source: http://alodokter.com

Manfaat kuning telur bebek untuk kesuburan

Adanya kandungan vitamin B12 dapat membantu untuk meningkatkan kesuburan. Hal ini disebabkan vitamin B12 menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Vitamin B12 juga bermanfaat untuk kesehatan sel darah merah. Apabila kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan menurunnya kualitas ovum. Sehingga, konsumsi telur bebek yang mengandung banyak vitamin B12 baik untuk meningkatkan kualitas ovum.

Kandungan vitamin E di dalam kuning telur bebek juga bagus untuk mencegah penurunan ovulasi dan bagus untuk meningkatkan pembentukan plasenta. Adanya zat besi dalam kuning telur bebek dapat membantu produksi hormon estrogen dan progesteron yang cukup stabil. Produksi hormon yang stabil membuat siklus haid pun jadi lancar.
Manfaat kuning telur bebek untuk kesuburan
source: http://sajiansedap.com
baca juga

Kandungan selenium pada kuning telur bebek berperan penting dalam kesuburan wanita. Selenium dapat membantu mengatur hormon metabolisme yang berperan dalam kesuburan. Selenium juga memiliki manfaat lain, yaitu sebagai antioksidan yang bekerja melindungi tubuh dari radikal bebas. Juga selenium dapat menurunkan risiko kerusakan kromosom, di mana bila kromosom rusak dapat menyebabkan keguguran.

Tips mengonsumsi kuning telur bebek

Pada dasarnya, Moms dapat mengolah telur bebek menjadi masakan apapun. Seperti telur dadar, telur ceplok, telur rebus atau diolah dengan lauk lainnya. Atau mengolah telur bebek menjadi telur asin ataupun saus telur asin, agar menambah cita rasa masakan. Namun, pastikan kuning telur bebek matang sempurna.

Telur bebek pun baik dikonsumsi ibu hamil, karena kandungan gizi yang tinggi dapat membantu menjaga metabolisme ibu hamil, mengatasi anemia dan membantu perkembangan otak janin.
Tips mengonsumsi kuning telur bebek
source: http://shutterstock.com
Nah, itu dia manfaat dan tips mengonsumsi kuning telur bebek bagi Moms yang sedang menjalani program hamil. Namun, ada baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Karena beberapa orang tidak bisa atau alergi dengan telur bebek. Pun jangan makan telur bebek terlalu banyak, Moms! Karena kandungan kolesterol di telur bebek cenderung lebih tinggi.