Seperti dilansir Haibunda, dr.Andreas Prasadja, RPGST, dokter spesialis tidur dari RS Mitra Kemayoran, mengatakan bahwa beberapa orang yang mengalami sleep paralysis sering pula mengalami halusinasi. Mereka merasa ada kehadiran orang lain di sekitarnya atau mendengar suara-suara mistis. Padahal hal ini bisa terjadi karena orang kurang tidur. Dan saat tidur, mimpi bisa rebound dan terjadi kondisi setengah sadar, setengah tidur.

Penjelasan Fenomena Tindihan Secara Medis dan Cara Mengatasinya
source: https://www.haibunda.com/
"Paling sering adalah badan dibuat tidak bergerak sehingga setengah sadar setengah mimpi, badannya 'lumpuh'," kata dokter spesialis tidur dari RS Mitra Kemayoran, dr.Andreas Prasadja, RPGST.
source: https://www.haibunda.com/

Melansir dari Livescience, menurut psikolog klinis dan co-author Sleep Paralysis: Historical Psychological, and Medical Perspectives, para ilmuwan mengatakan bahwa sleep paralysis merupakan gangguan neurologis, bukannya aktivitas mistis. Sleep paralysis muncul dari gangguan tidur rapid eye movement (REM), yaitu gerakan mata cepat yang terjadi selama siklus tidur.

Penjelasan Fenomena Tindihan Secara Medis dan Cara Mengatasinya
source: https://carnivalparade.wordpress.com/2
"Selama sleep paralysis, kita akan mengalami dua aspek REM yang terjadi, akan mengalami mimpi, dan badan jadi lumpuh, beberapa bahkan mengalami halusinasi," kata psikolog klinis dan co-author Sleep Paralysis: Historical Psychological, and Medical Perspectives.
source: https://carnivalparade.wordpress.com/2
baca juga

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Medicine melaporkan, dari 185 pasien yang didiagnosis sleep paralysis, sekitar 58 persen merasakan kehadiran sosok bukan manusia di dalam ruangan. Sekitar 22 persen benar-benar melihat seseorang yang asing di ruangan.

Penjelasan Fenomena Tindihan Secara Medis dan Cara Mengatasinya
source: https://health.grid.id/
"Kita memiliki otak yang secara aktif merespons rasa takut atau menghadapi sesuatu yang emosional. Sayangnya, lingkungan tidak bertanggung jawab dengan ini semua. Akibatnya, otak memberi kesimpulan sendiri dari apa yang dilihat," kata Daniel Dennis, sarjana postdoctoral bidang psikiatri di Beth Israel Deaconess Medical Center, Boston.
source: https://health.grid.id/

Cara Praktis Mengatasi Tindihan Saat Tidur

Jika Moms mengalami tindihan ketika tidur, Moms tidak perlu khawatir. Karena Moms bisa melakukan cara-cara ini untuk mengatasi tindihan.

Jangan Panik
Ketika Moms mengalami tindihan, sebaiknya Moms jangan panik. Cobalah mengatur nafas untuk mengurangi rasa panik yang menjalar diseluruh tubuh sekaligus mengurangi rasa sakit akibat perasaan tertindih tersebut.

Rilekskan Tubuh
Saat mengalami tindihan, coba rilekskan tubuh Moms supaya perlahan-lahan rasa ketindihan tersebut hilang. Karena panik tidak akan menyelesaikan masalah.

Kernyitkan Wajah
Salah satu cara yang bisa Moms lakukan adalah menggerakkan atau senam wajah. Ini membantu untuk merilekskan otot sekaligus melemaskannya.

Cara Praktis Mengatasi Tindihan Saat Tidur
source: https://www.haibunda.com/

Gerakkan Jari-Jari Kaki
Cara paling efektif untuk mengatasi ketindihan adalah dengan menggerakkan jari-jari kaki. Kaki memang merupakan salah satu bagian yang paling penting dari tubuh karena menghubungkan setiap persendian dan saraf, oleh karena itulah cara ini bisa dibilang efektif.

Kepalkan Tangan
Mengepalkan kedua tangan saat mengalami tindihan juga membantu merilekskan otot-otot tubuh hingga ke arah dada. Jadi cobalah mengepal sekeras yang Moms bisa, ya.

Minta Pertolongan
Tindihan memang terasa begitu menyakitkan, dan cara terbaik adalah teriak untuk meminta pertolongan orang lain yang berada di rumah, misalkan orang tua ataupun saudara. Atau jika Moms tidur dengan saudara, cobalah untuk menyentuh saudara Mommies jika Moms tidak bisa berteriak.

Nah Moms, tindihan memang merupakan kejadian yang sangat tidak nyaman, namun masih bisa Moms atasi. Setelah mengalami tindihan sebaiknya Moms segera mencuci muka agar Moms merasa segar kembali.