Seperti dikutip dari laman Acog melalui Haibunda, perlu Moms ketahui bahwa nyeri pada area miss V saat bercinta mungkin merupakan sinyal adanya masalah ginekologis, seperti kista ovarium atau endometriosis. Dan, rasa sakit saat bercinta juga dapat disebabkan oleh masalah respons seksual seperti kurangnya keinginan bercinta atau kurangnya gairah bercinta.

Miss V Nyeri Saat Berhubungan Seks, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
source: https://www.alodokter.com/

Nyeri saat bercinta biasanya dirasakan pada area vulva atau di area sekitar pembukaan Miss V atau di dalam Miss V, Moms. Perineum merupakan tempat nyeri yang umum saat bercinta. Selain itu, Moms juga mungkin merasakan sakit di punggung bagian bawah, daerah panggul, rahim, atau kandung kemih.

Penyebab Nyeri Miss V Saat Bercinta

Menurut Dr Mary Jane Minkin, clinical professor of obstetrics, gynecology, and reproductive sciences dari Yale School of Medicine, seks memang seharusnya menyenangkan. Sehingga tidak menyebabkan rasa sakit serta tidak nyaman.

Penyebab Nyeri Miss V Saat Bercinta
source: https://www.haibunda.com/
"Ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan rasa nyeri muncul di Miss V saat bercinta. Misalnya, apakah wanita memiliki gangguan infeksi vagina, merasakan gejala IMS seperti gatal, keputihan tidak normal, sensasi terbakar dan lainnya. Untuk memastikannya, Bunda bisa mendatangi obgyn guna dilakukan tes lebih lanjut," ujarnya seperti dikutip dari Buzz Feed News.
source: https://www.haibunda.com/

Kasus nyeri di Miss V bisa terjadi karena adanya cedera atau iritasi, pada kulit vulva dan lubang Miss V. Biasanya, hal ini disebabkan karena kecelakaan, pembedahan, trauma panggul, sunat pada wanita, tindakan yang salah, atau sayatan yang dibuat untuk memperlebar saluran lahir.

baca juga

Cara Mengatasi Nyeri Miss V Saat Bercinta

Moms, nyeri pada area Miss V saat bercinta sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa cara. Diantaranya adalah

Minta pasangan Anda lakukan foreplay
Wanita cenderung lebih lambat untuk terangsang. Itu sebabnya, sebagian besar wanita butuh lebih banyak pemanasan sebelum penetrasi. Jika Moms melakukan seks dengan terburu-buru, vagina belum terlalu ‘basah’ dan akhirnya justru menimbulkan nyeri karena gesekan. Nah, untuk mengatasinya mintalah Dads untuk melakukan foreplay sebelum bercinta ya, Moms.

Gunakan pelumas seks
Nyeri pada area miss V saat bercinta bisa terjadi karena kondisi vagina yang kering. Untuk membuat vagina cukup basah, Anda bisa lakukan foreplay dan menggunakan pelumas atau lubrikan. Pilih pelumas berbasis air atau silikon air karena dianggap sebagai pilihan pelumas terbaik untuk seks.

Tubuh Harus Rileks
Ketika bercinta tubuh Moms harus rileks. Stres membawa pengaruh buruk pada kesehatan dan juga kehidupan seks. Untuk mengatasinya, Moms perlu melakukan relaksasi dan melepaskan stres sebelum bercinta. Menghilangkan ketegangan sebelum seks bisa dilakukan dengan mandi air hangat, melakukan latihan pernapasan, atau meditasi.

Cara Mengatasi Nyeri Miss V Saat Bercinta
source: https://lifestyle.okezone.com/

Ubah Posisi Seks
Ukuran penis yang terlalu besar bisa menyebabkan rasa nyeri pada miss V. Karena penis bisa menekan leher rahim dan menimbulkan rasa nyeri. Untuk mengatasinya, Moms bisa mencoba untuk mengubah posisi seks. Cobalah posisi women on top, ini memberikan kontrol besar pada wanita untuk mengatur seberapa dalam dan cepat gerakan.

Pemeriksaan Dokter
Untuk mengatasi nyeri pada area miss V ketika bercinta, Moms dapat memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Karena nyeri vagina saat seks bisa disebabkan oleh penyakit. seperti infeksi jamur vagina atau vulvodynia. Bisa juga disebabkan oleh vagina yang membengkak disertai rasa gatal dan munculnya sensasi terbakar. Jika kondisi ini terjadi, melakukan pemeriksaan ke dokter menjadi jalan terbaik.

Nah, jika Moms selama ini merasakan nyeri pada miss V ketika bercinta, sebaiknya segera diatasi ya, Moms. Semoga informasi ini bermanfaat.