Apa itu Diet Enak Menyenangkan Bahagia (DEBM)

Moms sudah tahu belum apa itu Diet Enak Bahagia Menyenangkan (DEBM)? Dilansir Hellosehat, Diet DEBM adalah kepanjangan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Diet ini dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono. Robert, sapaan akrabnya, bukanlah seorang dokter, ahli gizi, ataupun tenaga medis lainnya. Namun, tips diet yang ia cetuskan ini berhasil membuat berat badan banyak orang turun drastis.

Tak seperti metode diet lainnya, DEBM memungkinkan Mommies untuk makan enak kapan saja tanpa diharuskan olahraga. Metode diet ini memang tidak akan membiarkan Moms sengsara menahan rasa lapar.

Apa itu Diet Enak Menyenangkan Bahagia (DEBM)
source: https://www.youtube.com/

DEBM membiarkan Moms keleluasan untuk makan makanan favorit sebanyak yang Moms mau. Namun, jenis makanan yang dikonsumsi ini harus sesuai dengan prinsip-prinsip diet DEBM, yaitu rendah karbohidrat dan tinggi protein serta lemak. 

Untuk memenuhi kebutuhan energi yang tidak didapatkan dari karbohidrat, saat menjalani DEBM, Moms diminta untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein hewani pada pagi dan malam hari. Menariknya, diet ini tidak melarang Mommies untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak. Jadi, makanan yang digoreng sekalipun tetap bisa Moms nikmati selama menjalani diet ini. Menarik kan, Moms.

Kandunga Kalori Cumi-Cumi

Cumi-cumi kaya akan sumber nutrisi. Di dalam cumi-cumi terkandung banyak vitamin seperti B1-B3, B5, B6, B12, fosfor, kalium, zink, omega 3 dan vitamin serta mineral lainnya. Cumi-cumi juga memiliki kandungan protein yang tinggi, lebih tinggi dari udang, serta sedikit mengandung lemak. Oleh karena itu umumnya cumi boleh dikonsumsi oleh orang yang sedang dalam program menurunkan berat badan.

Kandunga Kalori Cumi-Cumi
source: https://health.detik.com/
baca juga

Manfaat Cumi Untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah, Moms? Dibalik lezatnya cumi-cumi, ternyata cumi menyimpan banyam manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja?

Kaya nutrisi
Cumi adalah moluska milik keluarga kerang-kerangan. Cumi sangat tinggi protein, mineral, dan rendah kalori sehingga menjadikannya penuh gizi.

Rendah kalori
Tahukah, Moms bahwa setiap 100 gram cumi hanya memiliki kalori sekitar 75-85 kkal. Namun cumi akan jadi lebih tinggi kalori jika Moms memasaknya dengan cara digoreng. Jadi, bijaklah dalam memiliki cara memasak cumi ya, Moms.

Sumber protein yang bagus
Protein dalam cumi juga sangatlah tinggi. Per 100 gram cumi mengandung sekitar 15,5 - 16,1 gram protein.

Manfaat Cumi Untuk Kesehatan Tubuh
source: https://www.halodoc.com/

Tidak mengandung karbohidrat
Cumi sangat cocok dikonsumsi sebagai menu diet sebab tidak mengandung karbohidrat di dalamnya.

Mengandung vitamin B6 dan B12
Kandungan B6 dalam cumi dapat membantu melindungi kesehatan jantung dari ancaman stroke. Sementara kandungan B12 di dalam cumi juga baik untuk mendukung kesehatan saraf dan kesehatan darah. Hal ini yang menyebabkan cumi bagus untuk dikonsumsi.

Kaya selenium dan vitamin E
Cumi-cumi mengandung selenium dan vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan, memerangi kanker, serta mendukung pertumbuhan tubuh.

Resep Tumis Cumi Asin Ala DEBM

Nah, jika Moms mengikuti Diet Enak Bahagia Menyenangkan (DEBM) ini, Moms bisa mencoba memasak resep Tumis Cumi Asin untuk menu diet Mommies. Dilansir dari Haibunda, begini Moms cara membuatnya.

Bahan:

  • 200 gram cumi asin (bisa dipotong atau diutuhkan)
  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 10 buah cabai rawit
  • 1 buah tomat hijau, potong-potong sesuai selera
  • 2 buah cabai merah besar
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa bila diperlukan
  • Gula rendah kalori setengah sachet
Resep Tumis Cumi Asin Ala DEBM
source: https://www.haibunda.com/

Cara Membuat:

  • Cuci bersih cumi asin dan rendam dalam air panas selama 10 - 15 menit
  • Rajang bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan cabai merah besar.
  • Siapkan wajan, beri minyak secukupnya. Masukkan bumbu yang sudah dirajang. Tunggu sampai matang baru masukkan potongan tomat hijau.
  • Setelah itu, masukkan cumi asin dan aduk sampai rata juga matang.
  • Tumis cumi asin ala DEBM siap disantap.
Mudah kan, Moms, membuatnya? Selamat mencoba resep Tumis Cumi Asin di rumah ya, Moms. Semoga program diet Moms berhasil.