Membersihkan Organ Intim Bayi dengan Benar

Saat membersihkan organ intim bayimu, jangan menarik kulit luar penis terlalu keras. Bayi memiliki kulit luar penis yang sangat kencang, sehingga menariknya dengan kuat akan menyakitinya. Basuh dengan kapas basah atau air mengalir seluruh area genitalnya, kemudian seka dengan handuk kering. Nah, saat Si Kecil sudah beranjak balita, kulit luar penis akan mengendur dan dapat ditarik untuk dibersihkan tanpa perlu dipaksa.
 

source: https://salmahsumayya.wordpress.com/2014/03/25/10-tips-ganti-popok/

Kenali Kelainan Genital Pada Bayi

Perhatikan dengan rinci bentuk organ genital bayimu, apakah normal atau tidak. Beberapa bayi ada yang mengalami kelainan genital yang dibawa sejak lahir. Kelainan itu seperti mikropenis yaitu ukuran penis sangat kecil dan kurang dari ukuran normal (2 cm). Lalu ada pula hipospodia yang merupakan kelainan bawaan yang ditandai dengan lubang kencing tidak di ujung kepala penis, tetapi berada lebih bawah atau lebih pendek, dan kelainan testis. Jika kamu menemukan adanya kelainan seperti ini, maka segera bayimu ke dokter untuk diperiksa.
 

source: http://dermatocare.blogspot.co.id/2013/09/child-skin-care-focus-genital-area.html
baca juga

Berikan Mainan Khusus Anak Laki-laki

Bayi sebenarnya belum menyadari mengenai gendernya. Namun kamu sudah bisa memperkenalkan kepadanya, misalnya dengan memberinya mainan seperti robot dan mobil-mobilan. Dengan begini, ia akan terbiasa dan mengenali dirinya sendiri ketika sudah beranjak dewasa. Jangan pernah memperlakukan bayi laki-lakimu seperti anak perempuan ya, Ladies. Akibatnya bisa muncul di kemudian hari. Kamu tidak mau kan, ia berubah menjadi laki-laki feminin?
 

source: https://mutiarabijaksana.com/2014/07/01/aneka-pilihan-mainan-bayi-sampai-usia-4-bulan/

Libatkan Suami Saat Merawat Si Kecil

Nah, supaya bayi laki-lakimu berupan menjadi anak yang tangguh, maka suami harus terlibat dalam pengasuhan untuk membentuk karakter tangguh dalam diri buah hati kalian. Usahakan suami ikut merawat Si Kecil setiap hari ya. Bisa dengan mengajaknya bermain, atau sesekali kamu bisa meninggalkan bayimu  berdua dengan suami. Dengan begitu, bonding di antara mereka akan semakin kuat.

source: http://baby.healthguru.com/video/baby-boy-changing-tip