Banyaknya mitos berkenaan dengan larangan ibu hamil mengonsumsi makanan pedas, membuat ibu hamil merasa ragu dan was-was saat ingin mengonsumsinya. Tak hanya makanan-makanan yang memiliki rasa pedas karena cabai, ibu hamil juga akan menghindari makanan yang memiliki rasa pedas akibat lada. Padahal sebenarnya, lada bisa loh moms dijadikan alternatif pengganti cabai yang lebih sehat untuk ibu hamil. Asal tidak dikonsumsi secara berlebihan, ibu hamil bisa mendapatkan ragam manfaat ini saat mengonsumsi makanan mengandung lada.

Meredakan Batuk dan Pilek

Lada bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi batuk dan pilek yang rentan dialami oleh ibu hamil. Meski belum ada penelitian yang membuktikan klaim tersebut, tapi penggunaan lada untuk mengobati batuk dan pilek sudah menjadi budaya yang dilakukan di berbagai belahan dunia. Moms bisa mencampurkan lada atau merica ke dalam sup hangat yang sangat bagus dikonsumsi saat tengah batuk pilek. 

Meredakan Batuk dan Pilek
baca juga

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kaya akan kandungan vitamin C yang dipercaya bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh, konsumsi merica selama hamil akan membantu tubuh moms untuk lebih kebal terhadap segala serangan penyakit yang rentan dialami oleh ibu hamil seperti flu dan batuk. 

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Mengontrol Tekanan Darah

Selain vitamin C, lada juga kaya akan kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat dalam menstabilkan tekanan darah. Kalium dan potasium dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mengontrol tekanan darah dan menghindarkan moms dari risiko preeklamsia atau tekanan darah tinggi di masa kehamilan.

Mengontrol Tekanan Darah
baca juga

Mengatasi Jerawat

Perubahan hormon selama hamil menyebabkan timbulnya banyak masalah kulit, salah satunya yaitu jerawat. Daripada menggunakan beragam obat dan krim yang belum jelas keamanannya bagi ibu hamil, sebaiknya moms mencoba menggunakan lada untuk meredakan jerawat secara alami. Caranya cukup dengan menambahkan lada secukupnya pada makanan yang dikonsumsi.

Mengatasi Jerawat

Mencegah Kanker

Tanpa disadari, ibu hamil bisa saja mengalami kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kanker di masa yang akan datang. Untuk menghindari risiko tersebut, moms bisa mengonsumsi lada selama masa kehamilan. Lada kaya akan kandungan karoten yang merupakan antioksidan alami yang dapat mencegah kerusakan DNA penyebab penyakit kanker.  

Mencegah Kanker

Membantu Sistem Pencernaan

Selama kehamilan moms akan lebih akrab dengan berbagai gangguan sistem cerna seperti perut kembung, kelebihan gas, dan juga kram. Dengan mengonsumsi lada maka akan terjadi peningkatan kinerja sistem cerna. Masalah seperti kembung, gas, serta kram pun akan berkurang.

Membantu Sistem Pencernaan