KB steril dapat dilakukan pada wanita dan pria. Sterilisasi pada pria disebut dengan vasektomi dan pada wanita disebut dengan tubektomi.

Vasektomi dilakukan dengan cara memotong saluran yang membawa sperma ke penis sehingga sperma tidak tercampur dengan air mani. Sedangkan tubektomi dilakukan dengan cara mengikat dan menutup jalan saluran indung telur, sehingga sel telur tidak akan bisa memuju ke rahim dan bertemu dengan sperma, atau dengan memasang implan pada saluran indung telur.

Kelebihan & Kelemahan KB Steril, Cari Tahu Efek Sampingnya Juga, Moms!
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRlfneSLdBz-PAqrnElXZIC3ss4U0noqqTC5WfKr2XL4UeIiDqJ

Efek Samping KB Steril

Saat akan menggunakan KB steril ini, Moms dan pasangan harus benar-benar memikirkannya secara matang. Mengapa? Karena penggunaan KB steril tidak seperti KB pil atau suntik yang dapat dihentikan kapan saja saat ingin kembali memiliki momongan. Jika sudah menggunakan KB steril, maka sudah tidak bisa lagi terjadi pembuahan dalam rahim. Selain diskusi dengan pasangan, berkonsultasi dengan dokter kandungan juga sangat penting jika akan melakukan KB steril ini.

Tubektomi relatif aman untuk dilakukan karena memiliki sedikit risiko terjadinya komplikasi. Namun, setiap tindakan operasi yang dilakukan pasti memiliki efek sampingnya tersendiri. Dalam kasus ini, efek samping yang bisa saja terjadi yaitu adanya pendarahan, kerusakan pada sebagian organ, infeksi pasca tindakan, nyeri punggung, dan lain-lain

Efek Samping KB Steril
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcSzDZvCBFYN5QMSsBhWnAD97cPMt6pHHPHOmYhJK7S7MNcg79G-
baca juga

Selain efek samping tadi, risiko yang tergolong berbahaya yaitu jika pengikatan tuba falopi tidak dilakukan dengan sempurna, dapat menyebabkan terjadinya kehamilan ektopik, yaitu kehamilan saat sel telur dibuahi namun bukan didalam rahim, melainkan di tempat lain seperti tuba falopi. Hal ini sangat berbahaya dan harus segera ditangani.

Efek Samping KB Steril
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcSZWMMaj5HeNiFkDhA5azblYceIeisaMyiOnQ10K2JCNSdCS6Ca

Kelebihan dan Kelemahan KB Steril

Penggunaan metode KB steril ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya tidak mempengaruhi produksi hormon sehingga tidak menggangu siklus menstuasi dan hubungan seksual, prosedur hanya perlu dilakukan satu kali, dianggap sangat efektif untuk mencegah kehamilan dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Disamping keunggulan, ada juga beberapa kelemahan dari tubektomi yaitu masih memiliki risiko hamil walaupun kemungkinannya sangat kecil, tidak dapat melindungi dari penyakit menular seksual, sulit untuk mengembalikam kondisi tuba falopi seperti semula apabila ada keinginan hamil kembali, serta biaya yang relatif lebih mahal.

Kelebihan dan Kelemahan KB Steril
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTKrv6lcjzJYAnvfA91VtEoFnG-pDQI0H6tFGeNJen_S01HWDXu

Demikian beberapa informasi mengenai KB steril. Sebaiknya, sebelum menggunakan metode ini harus dipikirkam secara matanh dan lakukan diskusi mendalam dengan dokter dan pasangan. Semoga bermanfaat Moms!