1. Hindari Kontak Langsung dengan Perokok

Semasa masa kehamilan sebaiknya Moms menghindari kontak langsung atau berdekatan dengan asap rokok. Berbagai zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok terhirup oleh Moms dan menyerap hingga janin, maka dapat membuat plasenta terkontaminasi. Nah, bukan tidak mungkin Si Kecil dalam janin juga ikut terkontaminasi dengan zat beracun dari asap rokok yang dapat menyebabkan ketuban pecah dini. 

source: http://bogordaily.net

2. Rutin Memerikasan Kandungan ke Dokter

Melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan dapat mencegah terjadinya ketuban pecah dini. Moms juga bisa bertanya kepada dokter mengenai perawatan selama kehamilan dan melakukan beberapa tes seperti memeriksa cairan pada kantung ketuban, tes laboratorium, pemeriksaan fisik, dan memeriksa kondisi vagina.
 

source: http://pregnancy.lovetoknow.com
baca juga

3. Mengonsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi secara rutin makanan sehat seperti sayur dan buah juga turut andil untuk mencegah ketuban pecah dini. Karena dengan mengonsumsi makanan bergizi, otomatis nutrisi dari apa yang Moms makan akan terserap oleh plasenta dan juga bayi dalam kandungan. Sebaiknya konsumsi sayur-sayuran hijau yang memiliki kandungan vitamin tinggi seperti brokoli, sawi hijau, dan bayam. 

source: http://sheknows.com

4. Tidak Melakukan Aktivitas Teralu Berat 

Saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga sebaiknya moms jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat. Sebaiknya seimbangkan aktivitas mengurus rumah tangga dengan beristirahat agar tidak terlalu kelelahan. Selain itu untuk menjaga tubuh tetap fit dan perdaran darah juga lancar, lakukan rutinitas olahraga ringan seperti berjalan kaki di sore atau pagi hari. 

source: https://bellefit.com