Salah satu camilan yang jadi favorit anak adalah kue bolu. Selain memiliki tekstur yang lembut, kue bolu juga memiliki rasa yang manis. Kue bolu sendiri terdiri dari beragam jenis, salah satunya moms bisa mencoba membuat bolu karamel. Bolu dengan warna coklat kehitaman dan berongga-rongga seperti sarang semut ini memiliki rasa yang legit. Si kecil di rumah pasti akan ketagihan dan bisa menghabiskannya dalam waktu sekejap.

Jadi Cemilan Favorit Anak, Ini Tips dan Resep Membuat Bolu Karamel

Tips Membuat Bolu Karamel

Membuat kue adalah perkara yang gampang-gampang susah, apalagi untuk moms yang baru pertama kali mencoba. Kue bisa saja menjadi gosong, bantat, atau rasanya kurang pas. Tapi tenang moms, membuat bolu karamel tidak akan sesulit membuat bolu jenis lain. Dan untuk meminimalisir kegagalan dalam pembuatan bolu karamel, moms bisa mengikuti tips berikut.

Tips Membuat Bolu Karamel
baca juga

Pilih Gula yang Bersih, Kering, dan Tidak Menggumpal

Untuk membuat bolu karamel pastinya dibutuhkan karamel atau gula leleh yang dipanaskan. Moms bisa mendapatkan karamel yang sempurna dengan memilih gula yang tepat. Yaitu gula yang digunakan harus bersih, kering, dan tidak menggumpal. Dengan gula tersebut karamel yang dihasilkan akan memiliki warna kecokelatan yang sempurna. 

Pilih Gula yang Bersih, Kering, dan Tidak Menggumpal

Jangan Mengaduk Gula Karamel

Saat memasukkan gula pasir ke wajan untuk dijadikan karamel, gunakan api kecil dan biarkan gula mencair dengan sendirinya tanpa diaduk. Setelah keseluruhan gula mencair dengan sempurna moms baru bisa mengaduknya dengan menambahkan air panas sedikit demi sedikit. Ingat ya moms air yang ditambahkan haruslah air panas. Air dingin akan membuat gula membeku serta sulit untuk mencair kembali.

Jangan Mengaduk Gula Karamel
baca juga

Gunakan Wajan yang Tebal dan Anti Lengket

Demi kenyamanan dan keberhasilan dalam membuat karamel untuk bolu karamel, sebaiknya moms menggunakan wajan yang memiliki lapisan anti lengket. Hal tersebut bertujuan agar karamel lebih mudah untuk dituang dan diadon bersama bahan lain. Gunakan juga wajan yang tebal karena karamel sangat rentan gosong dan butuh cukup waktu lama dalam pembuatannya.

Gunakan Wajan yang Tebal dan Anti Lengket

Oven dengan Suhu Rendah

Adonan bolu karamel akan memiliki tekstur yang sangat cair sehingga memerlukan waktu pemanggangan yang lebih lama. Karena itu agar bolu karamel tak gosong, moms cukup memanggangnya dengan suhu rendah yaitu sekitar 150 derajat celcius. Selain itu agar bolu karamel matang dengan sempurna moms sebaiknya menggunakan cetakan jenis tulban supaya adonan mendapat panas secara merata.

Oven dengan Suhu Rendah

Resep Bolu Karamel Panggang

Setelah tahu tips untuk membuat bolu karamel, sekarang saatnya moms untuk praktik. Bahan-bahan yang perlu disiapkan yaitu:

  • gula pasir 400 gr,
  • tepung terigu protein sedang 200 gr,
  • air panas 450 ml, s
  • kental manis 200 ml, 
  • Margarin 150 gr,
  • baking powder 1 sdt,
  • telur ayam 7 butir,
  • tepung maizena 50 gr, dan
  • baking soda 2 sdt. 
Langkah membuatnya adalah sebagai berikut:
  • Pertama buatlah karamel menggunakan gula dan air panas sesuai tips di atas. Setelah karamel cair matikan api dan biarkan hingga sedikit hangat.
  • Selanjutnya masukkan susu kental manis dan margarin ke dalam karamel hangat. Aduk rata dan biarkan hingga margarin cair.
  • Campurkan terigu, baking powder, baking soda, dan tepung maizena di dalam wadah lain, lalu masukkan telur yang sudah dikocok. Aduk adonan menggunakan wisk hingga rata.
  • Setelah itu masukkan campuran karamel ke dalam adonan tepung sambil diaduk hingga licin dan tidak terdapat gumpalan. Setelah adonan siap masukkan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan taburan tepung.
  • Panggang adonan selama 40-45 menit. Setelah bolu matang akan terbentuk kulit di permukaan bolu. Moms bisa mengupasnya menggunakan tusuk sate atau sendok. Sesudah bolu karamel dikupas akan terlihat rongga-rongga mirip sarang semut yang jadi ciri khas bolu ini.
Resep Bolu Karamel Panggang