Cara dr. Tompi dan istri membuat anak suka makan sayur

Kesusahan membuat si kecil suka makan sayur tak hanya dialami kita saja nih, Moms. Dokter sekaligus penyanyi dr. Tompi pun mengalami hal yang sama. Ia dan sang istri yang berprofesi sebagai ahli gizi, dr Arti Indira M.Gizi, SpGK, menerapkan beberapa cara si kecil yang tak suka sayur agar mau dan terbiasa makan sayur.

Si Kecil Susah Makan Sayur? Coba Tips dari Istri Tompi Berikut ini Moms!
source: https://www.idntimes.com/hype/entertainment/amp/hilda-t/punya-tiga-anak-10-potret-harmonis-keluarga-tompi-yang-jarang-disorot-c1c2

Seperti dilansir dari laman Haibunda, dr. Arti tak mau memaksa si kecil untuk makan sayur. Namun, bukan berarti tak dilatih ya, Moms.

Disampaikan dr Arti, kebutuhan serat anak 5 tahun seperti si bungsu yang bernama Zein sekitar 12 gram per hari. Porsi sedikit pun tak masalah, yang penting anak-anak terbiasa makan sayur dulu. Menurutnya yang penting si kecil rutin makan sayur, berapa pun porsinya. Semangkuk tiga suapan pun tak masalah.

Sebagai orangtua, ada baiknya kita mencontohkan terlebih dahulu untuk makan-makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan. Dan sambil mencontohkan tersebut, kita juga mengedukasi si kecil pentingnya makan sayur untuk tubuh mereka, sambung dr. Arti.

Si Kecil Susah Makan Sayur? Coba Tips dari Istri Tompi Berikut ini Moms!
source: https://www.idntimes.com/hype/entertainment/amp/hilda-t/punya-tiga-anak-10-potret-harmonis-keluarga-tompi-yang-jarang-disorot-c1c2

Dalam pemberiannya pun baik dr. Tompi maupun dr. Arti tak pernah memaksa. Seperti jika si kecil sedang suka makan wortel saja ataupun brokoli saja, tak masalah. Yang penting ia mau mencicipi sayuran.

Dr. Arti juga mengungkapkan jika di sekolah ia memilih untuk pesan dari katering tersendiri. Jadi, makanan yang disuguhkan di sekolah memang makanan sehat. Terlebih saat sesi makan bersama teman-temannya, jadi si kecil tetap senang dan tak masalah saat disajikan sayur.

Selain cara tersebut di atas, masih ada beberapa tips lagi nih yang bisa Moms lakukan agar si kecil mau makan sayur.

baca juga

Tips agar si kecil suka makan sayur

1. Masak sayur bersama

Mungkin selama ini Moms mencoba menyiasati untuk "menyembunyikan" sayur dalam lauk yang Moms berikan pada si kecil. Tapi cara ini malah bisa jadi bumerang dan membuat anak jadi makin takut mencoba makanan baru karena khawatir "ditipu" lagi. Sebab anak bisa sangat peka dan sensitif terhadap rasa sayuran. 

Cara lain yang bisa dicoba adalah mengajak si kecil untuk memasak sayur bersama. Pilih aneka sayur segar dengan warna terang. Buat sajian dengan bentuk-bentuk sayuran yang dibuat menarik.

Si Kecil Susah Makan Sayur? Coba Tips dari Istri Tompi Berikut ini Moms!
source: https://portalmadura.com/6-manfaat-menakjubkan-ajak-anak-masak-bersama-dan-berkreasi-di-dapur-189174

2. Minta anak untuk mencoba dulu sesuai kemampuannya

Saat Moms memaksa anak untuk menghabiskan semua sayuran sekaligus di saat sebenarnya ia masih belum bisa beradaptasi dengan rasa sayurannya, anak malah bisa makin membenci sayuran. Sebab nantinya dia malah mengaitkan sayuran dengan perasaan negatif. 

Izinkan anak untuk mencoba dulu sayuran sesuai kemampuannya. Begitu ia sudah familier dengan rasa sayuran, dia bisa menambah banyaknya sayuran yang dikonsumsi sesuai selera.

3. Beri apresiasi saat anak berhasil makan sayur

Supaya anak makin semangat makan sayur, Moms bisa memberinya apresiasi. Sekadar berterima kasih padanya karena sudah berani makan sayur bisa jadi motivasinya sendiri. Sesekali memberikan hadiah pada anak yang berhasil makan sayur pun bisa. Tapi cukup sesekali saja memberi hadiahnya supaya tidak jadi ketergantungan, ya.

Si Kecil Susah Makan Sayur? Coba Tips dari Istri Tompi Berikut ini Moms!
source: https://m.detik.com/food/makanan-dan-gizi-anak/d-4400689/5-cara-jitu-agar-anak-doyan-makan-sayur-dan-buah

Banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk si kecil agar suka makan sayur. Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Moms!