Mengonsumsi daging merah mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Menjadi asupan yang mampu memasok vitamin B12, daging merah berfungsi menjaga saraf dan sel darah merah tetap sehat. Mengandung banyak zat besi para remaja dan orang dewasa wajib mengonsumsi hidangan dari daging tersebut. Belum lagi kandungan seng yang tinggi dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, daging merah juga menyediakan protein, yang membantu membangun otot dan tulang.

Umumnya kambing dan sapi menjadi pilihan daging merah untuk dikonsumsi sehari-hari. Namun demikian terlalu banyak mengonsumsi daging juga bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung karena kandungan kolesterolnya. Untuk itu moms perlu trik jitu, agar tetap mampu mengambil manfaat dari daging merah. Salah satunya adalah mengolahya agar daging mengandung rendah kolesterol.

Penasaran caranya bagaimana? Simak tips masak daging agar rendah kolestetol berikut ini.

Pilih Bagian Daging

Sebelum memutuskan untuk mengolah daging. Moms perlu memutuskan bagian mana yang akan Anda olah. Untuk daging kambing bagian area pinggang, paha dan kaki menjadi bagian yang mengandung sedikit lemak. Sementara sapi moms bisa pilih pada area has dan bahu. Akan tetapi jika moms tak memiliki kesempatan untuk memilih bagian daging, moms bisa menghilangkan lemak pada daging yang akan Anda olah. Hilangkam garis putih yg menyelimuti daging karena bagian tersebut adalah lemak.

Pilih Bagian Daging
baca juga

Pilih Menu Hidangan

Dalam mengolah daging hidangan yang akan moms olah juga berpengaruh pada tinggi atau rendahnya masakan akan kadar kolesterolnya. Moms bisa menghindari hidangan dengan kuah santan. Memasak daging dengan santan meningkatkan junlah lemak jenuh yang membuat makanan mengandung kolesterol tinggi. Sebagai gantinya moms bisa mengolah daging dengan cara di buat sop kuah bening,daging panggang, sate, dan steak.

Pilih Menu Hidangan

Rebus Daging Lebih dari Satu Kali

Agar daging merah rendah kolesterol. Moms dapat merebus daging sebelum diolah menjadi sop atau hidangan yang lain.Buang air rebusan pertama dan ganti dengan air baru,lalu rebus kembali hingga 3 kali. Proses perebusan bisa bantu melunturkan lemak pada daging. Sesederhana itu lho caranya. Hal ini tentu mudah sekali dilakukan. Jadi jangan anti makan daging ya moms, meski tengah menjaga kadar kolesterol.

Rebus Daging Lebih dari Satu Kali
baca juga

Gunakan Bumbu Secukupnya

Bumbu memang menjadi kunci rasa pada hidanan yang moms buat. Namun takaran bumbu yang pas dan tidak berlebihan nyatanya bisa jadi kunci moms untuk mengurangi kadar kolesterol pada daging olahan Anda. Hindari melumuri minyak pada daging. Hal ini tentu bisa meningkatkan kandungan lemak jenuh. Selain itu, moms juga harus mengurangi dalam pengunaan bumbu saus yang berlebihan pada olahan daging. Kadang tanpa sadar kita menggunakan bumbu saus berlebihan.

Gunakan Bumbu Secukupnya

Jangan Sertakan Kulit Pada Olahan Daging

Hidangan daging rendah kolesterol sangat mungkin moms nikmati. Dalam mengolah moms bisa menghindari kulit. Hal ini tentu berlaku untuk daging putih, seperti daging ayam, kalkun dan lain-lain.kulit Ayam memang menjadi bagian paling gurih. Apalagi jika digoreng, sulit untuk menolaknya. Namun sayangnya rasa lezat dilidah tidak dibarengi pda dampak kesehatan setelah mengonsumsinya.

Hal ini karena kulit ayam wajib moms hindari jika ingin kadar kolesterol daging ayam olahan Anda berkurang. Berdasarkan sebuah penelitian mengatakan bahwa menghilangkan kulit ayam pada masakan Anda, dapat mengurangi separuh dari kandungan lemak jenuh pada hidangan Anda.

Jangan Sertakan Kulit Pada Olahan Daging