Dilansir Detik, seorang balita dengan inisial ZNL (2,5) tewas setelah digelonggong air galon oleh sang ibunda sendiri, NP (21). NP mengaku menyiksa anaknya hingga tewas lantaran stres diancam akan diceraikan oleh sang suami. Menurut AKP Irwandhy Idrus, Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk, NP menerima ancaman tersebut dari suaminya karena kondisi anaknya yang kurus dan tidak bisa gemuk.

Stres Diancam Cerai Suami, Balita Ini Tewas Digelonggong Ibu Kandung Sendiri
source: https://news.detik.com/
"Istrinya stres diancam diceraikan apabila anaknya ini dalam kondisi kurus, tidak bisa gemuk," kata Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk AKP Irwandhy Idrus kepada wartawan di kantornya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (25/10/2019).
source: https://news.detik.com/

Irwandhy Idrus mengungkapkan bahwa terdapat masalah perekonomian di keluarga korban. Karena ancaman sang suami, NP menjadi tertekan hingga mengambil jalan pintas untuk 'menggemukkan' anaknya dengan cara digelonggong air minum.

Saat digelonggong, korban menangis. Karena mendengar tangisan korban maka emosi tersangka NP semakin tidak terkendali hingga akhirnya menganiaya korban.

Stres Diancam Cerai Suami, Balita Ini Tewas Digelonggong Ibu Kandung Sendiri
source: https://www.haibunda.com/
"Dipicu anaknya nangis dia berpikir 'anak ini bukannya menyelesaikan masalah, justru semakin menambah beban'. Emosinya tidak terkendali memicu pelaku untuk melakukan ini," katanya.
source: https://www.haibunda.com/

Kepada polisi, NP mengaku melakukan perbuatan itu karena kesal diancam cerai oleh suaminya. NP juga disebut membeda-bedakan kasih sayang korban dengan anaknya yang lain karena korban badannya kurus.

baca juga

Korban sendiri ternyata memiliki saudara kembar. Sekitar enam bulan lalu korban sempat diasuh oleh mertua yang juga nenek korban. Menurut pelaku, sang mertua sempat menyinggungnya lantaran dianggap membeda-bedakan kasih sayang terhadap kedua anaknya. Sebab, kondisi tubuh korban lebih kurus dibanding dengan saudara kembarnya.

Stres Diancam Cerai Suami, Balita Ini Tewas Digelonggong Ibu Kandung Sendiri
source: https://www.nusabali.com/
"Bagaimana bisa membuat gemuk? Dari masalah ekonomi, dalam rumah tangganya memang tidak mempunyai gizi yang cukup. Pelaku mengambil jalan pintas akan terlihat gemuk dengan memasukkan sejumlah air setelah diisi akan terlihat gemuk, pikirannya pelaku," ucap Irwandhy.
source: https://www.nusabali.com/

Masih mengutip dari Detik, tersangka NP tega membunuh bayinya sendiri sangat mungkin mengidap gangguan jiwa. Gangguan jiwa berat ditambah dengan kondisi stres dan tidak adanya dukungan dari lingkungan bisa bermanifestasi menjadi perilaku sadis dan kejam. Perilaku itu dilakukan dengan tanpa disadari atau tanpa rasa bersalah. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan di otak yang ditambah dengan tidak adanya support dari lingkungan.

Tanda-tanda Seseorang Mengidap Gangguan Jiwa

Gangguan mental atau gangguan jiwa adalah penyakit yang memengaruhi emosi, pola pikir, dan perilaku penderitanya. Tanda-tanda gangguan jiwa dapat dilihat dari gejalanya, yang merupakan hasil interaksi yang kompleks antara unsur somatic, psikologik dan sosiobudaya. Gejala gangguan jiwa ini sebenarnya menandakan dekompensasi proses adaptasi dan terutama pemikiran, perasaan dan perilaku.

Gangguan mental dan penyakit mental dalam taraf awal tanda-tanda sakit mental sulit dibedakan, bahkan gejala itu kadangkala menampak pada orang normal yang sedang tertekan emosinya dalam batas-batas tertentu. Pada taraf awal sulit dibedakan dengan gejala gila dan gejala umum yang muncul mengenai keadaan fisik, mental dan emosi.

Secara umum, ada gejala-gejala dimana seseorang mengidap gangguan mental. Jika Moms mengalami salah satu atau sebagian dari tanda ini, sebaiknya segera cari bantuan, ya.

Merasa sedih dan tak punya harapan
Jika Moms merasakan perasaan sedih, tak punya harapan, dan cenderung mengucilkan diri selama lebih dari dua minggu, waspadai kalau sebenarnya kesehatan mental Mommies sedang bermasalah.

Muncul niat mengakhiri hidup
Kalau Mommies punya keinginan atau niatan untuk bunuh diri atau mengakhiri hidup, bisa jadi saat ini kamu mengalami gangguan mental. Gejala yang satu ini juga wajib diwaspadai ya, Moms.

Tak bisa mengendalikan diri
Moms jadi susah diatur dan suka melakukan berbagai tindakan yang berisiko.

Tanda-tanda Seseorang Mengidap Gangguan Jiwa
source: https://www.alodokter.com/

Takut tanpa alasan
Jika Moms sering merasa tiba-tiba takut tanpa alasan yang pasti, sering sesak napas atau jantung yang tiba berdetak lebih cepat. Mungkin penyebabnya adalah kondisi mental Moms yang sedang tidak stabil.

Takut melakukan aktivitas sosial
Sekadar jalan-jalan atau bertemu teman membuat Moms takut. Pergi bertemu orang banyak membuat Moms cemas berlebihan. Jika hal ini terjadi dalam kadar ekstrem, bisa jadi Moms sedang mengalami gangguan mental.

Nah, jika Moms merasakan tanda-tanda di atas pada diri Moms. Sebaiknya Moms meminta bantuan pada orang terdekat. Ceritakan apa yang Moms rasakan. Jangan hanya menyimpannya sendiri, karena hanya akan memperparah keadaan.