Peralatan tulis merupakan alat yang penting. Bagi pelajar ini merupakan peralatan wajib yang harus dimiliki. Oleh karena pentingnya alat tulis itu, maka moms harus pandai-pandai menyimpan dan meletakkannya di tempat yang benar agar tidak kebingungan lagi ketika hendak menggunakannya. Seperti yang sudah moms ketahui, ada banyak ragam tempat alat tulis yang dijual di luar sana. Namun, sebenarnya untuk memiliki tempat alat tulis itu tidak harus membeli, lho.
 
Moms bisa membuat tempat penyimpanan pensil dari bahan yang sudah tidak digunakan lagi, misalnya seperti botol bekas air mineral. Moms tentunya juga sering menjumpai sampah plastik dari botol bekas air mineral, bukan? Sebaiknya, jangan dibuang dulu, ya. Moms bisa memanfaatkan botol bekas tersebut dengan cara mendaur ulangnya menjadi tempat penyimpanan pensil yang unik. Dengan demikian, moms tidak perlu lagi membuang-buang uang untuk membeli tempat penyimpanan pensil.

Tempat Penyimpanan Pensil Berbentuk Kucing Atau Kelinci

youtube:3C8geFG5rTo
source: https://www.youtube.com/watch?v=3C8geFG5rTo
Best Out Of Waste Ideas From Plastic Bottles/ Making pen stand and makeup stuff from waste materials

Membuat kreasi tempat penyimpanan pensil ini akan sangat menyenangkan. Moms bisa mengajak si kecil saat membuatnya. Karena, ini juga bisa dijadikan kerajinan sederhana untuk anak-anak. Mudah cara membuatnya dan hasilnya terlihat sangat lucu.
 
Bahan-bahan yang dibutuhkan, diantaranya; botol bekas minuman ringan, cutter atau gunting, sikat, spidol, cat akrilik, dan sponge. Cara membuatnya, yaitu:

  • Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia, moms bisa membuat pola pada botol minumannya.
  • Potong botolnya sesuai pola yang dibuat dengan menggunakan cutter atau gunting.
  • Gambar telinga pada sisa plastik botolnya, lalu gunting.
  • Warnai botol yang sudah dibuat sesuai pola dengan menggunakan sponge dan cat akrilik dengan warna yang dipilih sesuai keinginan.
  • Setelah diwarna seluruhnya, biarkan selama 30 menit agar kering.
  • Setelah kering, gambarlah bentuk muka kelinci atau kucing dengan menggunakan spidol.
  • Selanjutnya, secara lebih lengkap bisa moms lihat pada video di bawah ini.

 
Kreasi tempat penyimpanan pensil yang moms buat dapat digunakan sebagai tempat pensil ataupun berbagai fungsi lainnya.

baca juga

Tempat Penyimpanan Pensil DIY Botol Bekas Tanpa Perlu Dijahit

Ide membuat tempat penyimpanan pensil dari botol bekas yang kedua ini hanya membutuhkan bahan dua botol bekas dan sebuah resleting. Alat yang diperlukan lainnya adalah pensil, gunting, dan lem tembak. Cara membuatnya pun tak kalah mudahnya;

  • Pertama, sediakan botol bekas minuman sedang dan potong bagian atasnya. Sedangkan, pada botol yang satunya potong bagian bawahnya.
  • Sediakan resleting.
  • Beri lem tembak lalu rekatkan pada ujung botolnya.
  • Pada sisi yang satunya rekatkan pada potongan botol yang kedua.
  • Contohnya bisa dilihat pada video berikut ini.

 
Kreasi tempat penyimpanan pensil ini dapat digunakan untuk menyimpan pensil, spidol, maupun alat tulis lainnya yang simpel yang bisa dibawa kemana-mana.

Tempat Penyimpanan Pensil DIY Mudah Dengan Karet Gelang
 

youtube:wyL19zM1f8w
source: https://www.youtube.com/watch?v=wyL19zM1f8w
Easy DIY pencil case from recycled plastic bottles

Ide tempat penyimpanan pensil yang ini juga tak kalah sederhananya. Bahan yang dibutuhkan hanya 2 botol bekas, yang satu ukurannya lebih besar dari yang lainnya. Serta, satu karet gelang. Selain sangat mudah dibuat, hasil kreasinya juga sangat berguna untuk menyimpan alat tulis. Tutorial cara membuatnya bisa dilihat pada video di atas.

baca juga

Tempat Penyimpanan Pensil Unik Dari Botol dan Karton Bekas

youtube:2PwSnvh1Stk
source: https://www.youtube.com/watch?v=2PwSnvh1Stk
Bottle Craft | Pen N Pencil Holder With Waste Plastic Bottle

Ide yang satu ini bisa moms buat untuk menyimpan peralatan tulis dalam satu tempat agar lebih rapi dan tak tercecer. Bahan dan alat yang dibutuhkan hanya botol bekas, karton bekas, cat akrilik, kertas berwarna, hiasan manik-manik, lem, pensil, dan gunting. Cara pembuatannya pun tak sulit. 

Bagaimana? Bagus kan, moms? Dengan 4 ide membuat tempat penyimpanan pensil dari botol bekas diatas, selain bisa mengurangi jumlah sampah, juga bisa menghemat biaya membeli kotak pensil karena sama sekali tidak memerlukan bahan-bahan yang mahal. Silahkan dicoba ya, moms.