Lakukan Hal Nyata untuk Membantu
Mendukung tidak selalu hanya berkaitan dengan kata-kata ya moms terkadang bantuan yang nyata seperti membawakan makanan kesukaannya, membantu merawat anak-anaknya juga merupakan hal yang dibutuhkan bagi wanita yang baru keguguran. Dengan melakukan hal-hal tersebut dapat membantu wanita yang baru keguguran merasa lebih tenang dan bisa beristirahat dengan nyaman, tanpa harus dipusingkan dengan hal lain untuk sementara waktu.

Saat Sahabat Alami Keguguran, Bagaimana Cara Tepat Mendukungnya?

Perhatikan Emosinya Sebelum Memberi Dukungan
Seorang dokter kelahiran dan postpartum asal Louisville, Kentucky Kate Metten menghibau agar saat memberi dukungan cobalah untuk memikirkan terlebih dahulu kata-kata yang ingin dikatakan. Hindari kata-kata yang berkaitan dengan keguguran.

Pahami Kesedihannya Butuh Waktu
Kata Laura Garland, co-director LA Doula Project, jika ingin membantu seseorang untuk sembuh dari rasa kehilangan karena keguguran, maka hindarilah untuk mencoba mempercepat prosesnya kesedihanya atau berpura-pura bahwa kehilangannya akan segera berlalu. Bila dukungan dari pihak luar akan mulai berkurang seiring berjalannya waktu, maka sebagai teman, saudara atau mungkin pasangan akan lebih baik untuk selalu berusaha menjadi orang terdekat yang berada terus di sampingnya.

Saat Sahabat Alami Keguguran, Bagaimana Cara Tepat Mendukungnya?

Biarkan Menangis
Psikolog keluarga Anna Surti Ariani MPsi, mengatakan ada baiknya keluarga memberi kesempatan bagi yang keguguran untuk menangis mengekspresikan dukanya. Dengan menangis orang yang keguguran akan lebih tenang dan moms pun akan lebih memahami dukanya.

Dengarkan Curhatnya
Ibu yang mengalami keguguran sangat membutuhkan kehadiran orang-orang terdekatnya. Ibu yang keguguran juga butuh didengarkan. Jadi kala tunjukkanlah ekspresi kesediaan untuk mendengarkan apapun yang hendak diungkapkannya. Sebisa mungkin hindari memotivasi dengan menyederhanakan masalahnya, seperti “kamu pasti bisa punya keturunan lagi” atau “bukanlah kamu masih punya 1 putra” dan lain sebagainya.

Menghindari pertanyaan soal perasaan ibu yang keguguran adalah cara terbaik untuk membuatnya lebih tenang. Sebab jika moms menanyakan tentang perasaanya malah bisa membuatnya pergi menyendiri. Karena tentu sebagai seorang yang keguguran perasaanya hancur dan sudah pasti ia merasa sedih. Jadi ada baiknya biarkan ibu inisiatif mengungkapkan isi hatinya alih-alih ditanyakan.

baca juga
Saat Sahabat Alami Keguguran, Bagaimana Cara Tepat Mendukungnya?

Ceritakan Tentang Pengalaman Pribadi
Jika moms pernah mengalami keguguran, maka moms bisa membagi kisah mom dengan ibu yang keguguran. Dengan mendengarkan cerita moms wanita tersebut bisa saja merasa bahwa dirinya tidak sendiri. Sehingga perasaan tangguh dan ikhlas akan menyemangatinya kembali.

Beberapa cara tadi adalah contoh terbaik dalam memberi dukungan bagi teman, sahabat atau saudara moms yang alami keguguran. Namun, perlu disadari juga moms jika perempuan yang mengalami keguguran membutuhkan waktu untuk sendiri. Dan bila itu yang diingatkan biarkanlah untuk sendiri, sebab bisa saja itu cara menghibur terbaik.