Waspada Gangguan Mental Anak Akibat Kecanduan Games, Ini 7 Trik Mencegahnya

Kurangi Waktu Bermain Game

Bila anak sudah dalam kategori kecanduan maka memaksanya menghentikanya pasti sulit bahkan anak bisa saja bermain diam-diam tanpa sepengetahuan moms. Namun jika moms mengurangi waktu bermainya secara bertahap pasti lebih efektif.

Moms bisa membuat kesepakatan dengan anak tentang jumlah jam dalam sehari atau jam berapa saja anak bisa bermain. Kalau perlu moms bisa pasang alarm setiap anak mulai bermain game.

Kurangi Konsol Game

Ketertarikan anak pada games pasti salah satunya karena beragamnya games yang dimiliki. Nah, maka dari itu penting moms untuk mengurangi jumlah konsol gamenya. Caranya mintalah kepada anak untuk memilih satu konsol saja yang digunakan untuk bermain game yang paling bagus menurutnya. Namun, apabila yang dipilih anak masih tersisa banyak maka moms sendiri yang bisa memilihnya.

Waspada Gangguan Mental Anak Akibat Kecanduan Games, Ini 7 Trik Mencegahnya

Pilihkan Game Keluarga

Bila anak terlanjur menyukai games, maka usahakan agar anak memilih permainan yang melibatkan keluarga. Cara ini bisa mencegahnya anak asik sendiri dan menghindari sosialiasasi dalam keluarga. Selain itu, game yang dimainkan bersama keluarga akan membuat mempererat ikatan antar anggota keluarga.

Selingi Game dengan Aktivitas Fisik

Jika moms sudah memulai membatasi anak bermain game dengan waktu maka tak ada salahnya mulai mengarahkana anak untuk beraktivitas fisik setelah bermain game seperti berjalan atau berlari kecil. Dengan cara tersebut badan anak akan lebih bugar dan anak akan terbiasa aktif bergerak.

Berikan Syarat Sebelum Anak Bermain Game

Syarat sebelum bermain game memiliki tujuan untuk melatih anak lebih bertanggungjawab pada kegiatan yang lain. Misalnya, sebelum bermain minta anak mengerjakan PR atau beberapa aktivitas yang lebih prioritas. Akan lebih baik jika aktivitas ini jadi kebiasaan bagi anak.

baca juga
Waspada Gangguan Mental Anak Akibat Kecanduan Games, Ini 7 Trik Mencegahnya

Dukung Hobi Anak Selain Game

Jika anak memiliki hobi sebaiknya beri dukungan penuh ya moms. Saat anak memililki dukungan penuh maka si kecil akan fokus pada hobi yang dimiliki. Dengan fokus pada hobi maka anak akan terhindar dari kecanduan game yang biasa dimainkan.

Tetapkan Jadwal Bermain

Jika moms sudah mampu menerapkan waktu main game online maka moms juga perlu menetapkan jadwal main di luar untuk aktivitas fisiknya. Mungkin si kecil akan menolakan dan mengamuk. Namun jika hal ini harus dilakukan, berusahalah untuk tetap tenang dan jangan sekali-kali merenggut paksa game dari tangannya, karena hal itu akan membuat situasi makin memburuk.
 
Kecanduan apapun dimanapun pasti tidak baik ya moms apalagi games. Selain melakukan penanganan yang tepat terhadap kecanduan anak, mencegah juga harus diutamakan. Tidak memberi anak gadget di usia belia juga bisa jadi pilihan terbaik.