Beri Gambaran Menyenangkan Tentang Sekolah
Untuk membuat anak semangat sekolah hal pertama yang moms perlu lakukan adalah memberi gambaran yang menyenangkan pada anak tentang sekolah. Ceritakan betapa serunya kegiatan sekolah, beritahu juga tentang rekan-rekan barunya di sana. Buat anak penasaran dan senang untuk segera sekolah.

Namun bila anak punya gambaran lain tentang sekolah, dengarkan pendapat anak  dan jelaskan tentang fakta dari asumsinya tentang sekolah yang mungkin salah. Jangan ragu untuk berbicara dari hati ke hati dengan anak tentang berbagai kegiatan sekolah.

Anak Malas Sekolah? Coba 6 Tips Ini Untuk Mengatasinya

Beri Motivasi
Buat anak melihat kelebihan sekolah yang dipilih dan bantu anak merasa nyaman di sekolah. Beri anak motivasi untuk mengenal dan mempelajari hal baru sehingga tidak akan ada kata benci sekolah.

Konsekuensi Sekolah
Anak membenci sekolah biasanya karena belum memahami konskuensi sekolah. Jadi saat anak memiliki pandangan tentang sekolah yang penuh aturan moms harus mulai menjelaskan untuk apa dan kenapa ada konsekuensi sekolah tersebut. Ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mengenalkan arti tanggung jawab pada anak, jadi cobalah menjelaskan dengan lebih sabar akan anak memahaminya.

Kembangkan Sosialisasi
Anak malas atau tidak mau sekolah bisa jadi karena lingkungannya juga. Karenanya penting untuk mengembangkan sosialisasi anak. dekatkan anak dengan teman sepermainannya atau ajarkan anak untuk berkomunikasi yang baik dengan guru. Bila perlu moms juga harus menyampaikan kondisi sosial anak pada guru. Jangan malas untuk membangun komunikasi yang baik dengan anak maupun guru.

Anak Malas Sekolah? Coba 6 Tips Ini Untuk Mengatasinya

Diskusi
Ajaklah anak berdiskusi untuk mengidentifikasi masalah yang tengah dihadapinya. Dengan berdiskusi, moms dapat mengetahui masalah yang tengah dihadapi anak yang menjadi penyebab ia tak mau sekolah. Setelah mengetahui apa yang menjadi penyebabnya, penting mencari solusinya terutama dengan pihak sekolah.

Lakukan diskusi dengan anak secara santai, baik saat ia sedang melihat TV atau saat bermain di rumah. Hindari perdebat saat berdiskusi, dengarkan dulu penjelasan anak baru kemudian dicari solusinya bersama-sama.

Kembangkan Impian dan Cita-cita Anak
Untuk memompa kembali motivasinya yang sedang menurun untuk sekolah, moms bisa memulai membahas mengenai cita-cita anak. Dengan mengingatkan anak akan cita-citanya, maka si kecil akan berpikir dan tersadar bahwa tanpa sekolah dirinya tidak akan bisa mengejar cita-citanya.


Begitulah tadi beberapa cara yang bisa moms lakukan untuk mengatasi anak saat malas sekolah. Intinya adalah komunikasi dengan komunikasi segala ketakutan atau keraguan anak akan mampu moms atasi sehingga anak akan tumbuh jadi lebih terbuka terutama tentang masalah sekolah yang mungkin dihadapinya.