Fokus Orangtua Lebih Baik
Saat moms punya anak dengan perbedaan umur yang jauh, maka moms bisa lebih fokus dalam mendidik anak. Pada anak yang lebih besar tentunya perhatian akan berbeda jika dibanding dengan anak yang kecil. Jika si kecil butuh ekstra perhatian maka kakakpun akan lebih memahami.

Jadi orangtua pun bisa lebih baik dalam membagi waktu dan menikmati tiap momen perkembangan anak secara imbang. Ditambah lagi dengan jarak usia yang jauh antara adik dan kakak tidak akan ada perebutan perhatian karena kebutuhan perhatian yang jauh berbeda.

Moms, Ini 4 Keuntungan Punya Anak-anak dengan Jarak Usia Jauh

Waktu Untuk Anak Terbagi dengan Pas
Memberikan waktu untuk anak-anak adalah hal yang sagat penting. Maka itu perlu pembagian yang tepat antara si adik dan kakak. Dan umur anak yang jauh, akan memudahkan orangtua membagi waktu. Contohnya, ketika si sulung sekolah orangtua bisa bermain dengan si adik. Kemudian bila si sulung ingin bermsin si bayi bisa ditidurkan.
 
Kakak Pelindung dan Panutan Adiknya
Karena si kakak sudah agak besar, Moms tentu bisa meminta bantuan si kakak untuk menjaga adiknya. Walaupun si kakak kadang mengeluh untuk melakukannya namun hal ini bisa menjadi proses belajar yang baik buatnya. Sehingga lama-kelamaan si kakak akan lebih dewasa dan bisa diandalkan dalam menjaga si adik. Dengan begitu, naluri untuk melindungi si adik akan muncul dalam dirinya. Dan dengan berjalannya waktu kakak akan mampu jadi panutan yang baik bagi si adik.

Moms, Ini 4 Keuntungan Punya Anak-anak dengan Jarak Usia Jauh

Pengaturan Uang Lebih Tertata
Perencanaan uang dalam keluarga adalah hal penting. Dan memiliki anak artinya harus disertai perencanaan keuangan yang matang. Saat memiliki anak yang usianya jauh berbeda tentu moms akan lebih mampu mengatur keuangan sebab pastinya keuangan sudah terlatih saat mengurus keperluan anak pertama. Dan pengaturan pendidikan pun akan lebih baik jika moms memiliki anak dengan jarak usia besar.

Selain itu jarak yang jauh mampu menghemat pengeluaran karena moms dapat menyiapkan kembali semua peralatan bayi yang sebelumnya pernah digunakan dan tidak perlu membeli baru. Tapi perlu dicatat moms juga memastikan apakah peralatan tersebut masih sesuai dengan standar keselamatan saat ini atau tidak.

Dalam hubungan kakak dan adik yang memiliki jarak usia berbeda, memang memberi banyak keuntungan ya moms. Namun walau demikian pertengkaran bisa saja terjadi walau jarak usia jauh dan itu wajar. Jadi tetap dukung keduanya untuk selalu menghargai dan menyanyai saudaranya ya moms.