Sakit kuning yang di derita anak Kartika Putri

Anak Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya yang bernama Khalisa Aghnia Bahira dan baru berumur 10 hari tersebut harus menjalani serangkaian perawatan di RSIA Brawijaya karena mengalami sakit kuning dengan tingkat bilirubin 17.

Bayinya Sakit Kuning, Tangis Kartika Putri Pecah Hingga Salahkan Diri Sendiri

Hal ini pertama kali diketahui dari unggahan Kartika di akun Instagramnya, di foto tersebut terlihat si kecil sedang berada dalam inkubator, dengan caption:

"Mohon doa nya ya buat kesehatan @khalisaworld biar cepet sehat dan pulang kerumah dan pelukan sm aku all the time lagi. Sedih liatnya gelisah dan ga nyaman.. pas dipeluk saat menyusui @khalisaworld lsg tenang lagi.. mohon doa yang setulus tulus nya ya buat Khalisa Aghnia Bahira @habibusmanbinyahya makasih syg selalu kuatin aku dan jagain @khalisaworld," tulis Kartika.

Tangisan Kartika Putri pecah saat harus tidur berjauhan dengan sang anak

Sebagai ibu baru, melihat sang buah hati sakit sampai harus dirawat di Rumah Sakit tentu membuat sesak dada, seperti halnya Kartika Putri, ia sempat menyalahi dirinya sendiri atas apa yang menimpa si kecil. Namun beruntungnya, Kartika memiliki keluarga dan teman-teman yang selalu menenangkannya. 

Bayinya Sakit Kuning, Tangis Kartika Putri Pecah Hingga Salahkan Diri Sendiri
source: https://kupang.tribunnews.com/amp/2019/02/17/kartika-putri-dikabarkan-tengah-hamil-anak-pertama
"Aku bingung, pastinya menyalahkan diri sendiri. Apa pas hamil kurang vitamin atau apa, sudah usaha semaksimal mungkin pas hamil," ucap Kartika Putri di RSIA Brawijaya, saat ditanya awak media.
source: https://kupang.tribunnews.com/amp/2019/02/17/kartika-putri-dikabarkan-tengah-hamil-anak-pertama

Saat konferensi pers berlangsung pun terlihat Kartika masih sangat sedih sampai beberapa kaki menitikkan air mata, namun sang suami yang berada di sebelahnya selalu mencoba untuk menenagkannya.

Satu momen yang sangat melukai hatinya sebagai seorang ibu adalah karena sang anak harus tidur terpisah darinya. 

baca juga

"Kan Khalisa ini sejak lahir tidurnya sama aku gitu, di dada aku tidurnya, enggak pernah pisah. Nah sekarang dia kan harus di inkubator, itu yang bikin aku sedih," ia menjelaskan.

Bayinya Sakit Kuning, Tangis Kartika Putri Pecah Hingga Salahkan Diri Sendiri
source: https://amp.suara.com/entertainment/2019/10/28/075928/sakit-kuning-bayi-kartika-putri-nyaman-dipeluk-ibunda

"Dia nangis minta ASI, pas dikasih ASI malah enggak mau minum. Jadi bapernya tuh kayak, oh dia maunya dipeluk, cuma kan kalau dipeluk pencahayaannya enggak bagus, enggak maksimal" kata Kartika Putri mengakhiri.

Penyakit kuning yang biasa diderita bayi baru lahir

Mengutip Health Line melalui Haibunda, pada ibu hamil, tubuh akan mengeluarkan bilirubin dari bayi melalui plasenta. Tetapi setelah lahir, tubuh bayi harus menyingkirkan bilirubinnya sendiri.

Pada kebanyakan kasus, bayi yang kena penyakit kuning karena organ mereka belum bisa membuang kelebihan bilirubin dengan baik. Sementara dalam kasus yang jarang terjadi, penyakit kuning juga dapat disebabkan hal-hal lain seperti infeksi, masalah dengan sistem pencernaan bayi, atau masalah dengan golongan darah ibu dan bayi yakni ketidakcocokan Rh.

Bayinya Sakit Kuning, Tangis Kartika Putri Pecah Hingga Salahkan Diri Sendiri
source: https://jakarta.tribunnews.com/amp/2019/10/27/bayi-kartika-putri-sakit-jalani-rawat-inap-dan-pakai-cahaya-biru-sedih-lihatnya-gelisah

Menurut ahli gastroenterologi anak, Naim Alkhouri, MD, penyakit kuning pada bayi baru lahir, penyakit kuning neonatal, sering terjadi dan mungkin tidak memerlukan perawatan. Namun, jika dirasa parah tentu harus segera dilakukan tindakan.

"Penyakit kuning neonatal bisa menjadi temuan umum dalam dua minggu pertama kehidupan. Sebagian kasus dapat diselesaikan secara spontan. Namun, ada juga beberapa kasus yang memerlukan perawatan," kata Naim.