Penyebab Selangkangan Ngilu Saat Hamil

Selangkangan yang ngilu memang rasanya tidak nyaman. Apalagi jika kehamilan Moms sudah 8 bulan. Moms sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir karena selangkangan yang sakit bukanlah sesuatu yang berbahaya. Peningkatan hormon relaxin dan progesteron membuat otot dan ligamen panggul meregang untuk mempersiapkan kehamilan. Kondisi ini tentu saja membuat selangkagan menjadi nyeri. 

 

Tetap Bergerak Tapi Tidak Berlebihan

Meski selangkangan ngilu saat hamil tua, tapi tidak berarti kamu menghentikan semua aktvitasmu selama ini. Tetaplah bergerak Moms, tapi usahakan jangan terlalu berlebihan. Lakukan latihan ringan seperti berjalan kaki, yang tidak berisiko memperparah nyeri bagian selangkangan. Selain itu, hindari berdiri atau duduk terlalu lama serta mengangkat beban terlalu berat. Saat merubah posisi, lakukan secara hati-hati agar tidak menimbulkan tekanan pada selangkangan. 
 

source: https://www.pampers.co.za


 

baca juga

Istirahat yang Cukup

Beristirahat adalah hal berharga saat kehamilan. Perasaan rileks yang kamu rasakan saat beristirahat, tidak hanya menenangkan janin yang kamu kandung, melainkan juga menyamankan tubuh, salah satunya selangkangan yang terasa ngilu. Kurangi aktivitasmu sehari-hari saat kehamilanmu sudah memasuki hamil tua, dan lebih banyak menyiapkan diri untuk menghadapi persalinan. 
 

source: http://caretipz.com/wp-content/uploads/2016/04/bigstock-Pregnant-young-woman-sleeping-43901668.jpg


 

Pijat Selangkangan

Cara jitu meredakan ngilu pada bagian selangkangan yang lain adalah dengan memberikan pijatan lembut pada bagian yang terasa ngilu. Kamu bisa melakukan pijatan ini kapan saja, misalnya saat mandi atau akan tidur di malam hari. Agar semakin terasa nyaman, coba kompres bagian yang ngilu dengan air hangat, lalu pijat dengan perlahan. 
Dijamin setelah pijatan yang kamu lakukan secara rutin, rasa ngilu atau nyeri akan mereda secara perlahan. 
 
source: http://bestmassagechairguide.com


 

baca juga

Hindari Gerakan Melompat

Kamu pasti tidak ingin selangkangan bertambah nyeri kan, Moms! Karena itu bergeraklah secara hati-hati, terutama hindari gerakan melompat saat hamil, karena malah akan memberi tekanan pada paha sehingga ngilu makin bertambah. Melompat tanpa hati-hati juga bisa membuatmu terjatuh, sehingga berisiko mencederai kandunganmu. Selain itu, hindarilah naik ataupun turun tangga agar tidak menambah rasa nyeri pada selangkangan saat kamu mengangkat kedua kaki. 
Kalaupun kamu terpaksa naik atau turun tangga, cobalah meminta tolong kepada orang lain untuk memegangmu. 

 

source: https://www.boldsky.com