1. Flek Hitam

Sebelum Terlambat, Yuk Kenali Tanda Kulit Alami Penuaan Dini

Flek hitam merupakan salah satu tanda penuaan dini yang paling umum dialami. Tak hanya bagi wanita dewasa, anak remaja sekalipun dapat mengalaminya. Penyebab utama munculnya flek hitam adalah terpapar sinar matahari berlebihan. Selain itu, munculnya flek hitam juga dipicu oleh stres, faktor genetik dan kurangnya asupan makanan yang sehat. Untuk itu, konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan untuk merangsang produksi kolagen secara alami. Penting juga untuk selalu mengaplikasikan tabir surya sebelum hendak keluar rumah.

2. Kulit Kering dan Kusam

Sebelum Terlambat, Yuk Kenali Tanda Kulit Alami Penuaan Dini

Menurunnya jumlah kolagen pada tubuh akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit. Efeknya, kulit menjadi terlihat kusam, kering hingga kasar bersisik. Hal ini karena kolagen memiliki peranan penting dapat melancarkan aliran darah pada tubuh. Aliran darah yang lancar dapat membuat kulit tersuplai oksigen dan nutrisi secara maksimal. Sehingga kulit menjadi lebih lembab, cerah, dan bercahaya.

baca juga

3. Garis Halus dan Keriput

Sebelum Terlambat, Yuk Kenali Tanda Kulit Alami Penuaan Dini

Selain membuat kulit kusam dan kering, kurangnya jumlah kolagen dalam tubuh juga akan berpengaruh terhadap elastisitas kulit. Akibatnya, Moms akan sangat mudah menemukan beberapa garis halus hingga kerutan pada wajah. Bagian yang paling menonjol adalah garis senyum, lingkar mata hingga kening. Sebelum hal itu terjadi, masih belum terlambat kok untuk meningkatkan produksi kolagen. Caranya, perbanyak konsumsi protein sehat untuk membantu regenerasi kulit dan sel. Mengkonsumsi sayuran hijau yang kaya akan klorofil juga sangat baik lho.

Nah itulah beberapa tanda penuaan dini yang paling mudah dideteksi. Selain memperbaiki pola makanan, memperhatikan cara pengaplikasian skincare yang benar juga penting. Usahakan untuk selalu mengaplikasikan skincare ke arah atas sehingga kulit dapat terangkat secara alami.