Dilansir melalui Haibunda, menurut dr.Reisa Broto Asmoro, tangan dan kaki bengkak saat hamil adalah hal yang normal terjadi. Pembengkakan bisa terjadi di kaki, tangan, pergelangan, dan jari kaki ibu hamil. Hal ini menandakan bahwa cairan ditubuh menumpuk lebih banyak dibanding saat tidak hamil. 

Kenapa Tangan dan Kaki Bengkak Saat Hamil? Ini Jawabannya, Moms
"Ini menandakan bahwa cairan ditubuh menumpuk lebih banyak dibanding saat nggak hamil." tutur dr.Reisa
source: https://www.haibunda.com/

dr.Reisa juga menambahkan bahwa jika kehamilan sudah memasuki trisemester akhir, maka akan ada pembekakan di daerah tangan, kaki, pergelangan, dan jari kaki.

Penyebab Tangan dan Kaki Bengkak Saat Hamil

Masih dilansir Haibunda, dr.Reisa menyebutkan penyebab kaki bengkak saat hamil antara lain karena ibu hamil berdiri dalam waktu yang cukup lama dan kaki menggantung. Sehingga akumulasi cairan dalam tubuh menumpuk ke bagian bawah tubuh. Hal inilah yang menyebabkan pembekakan pada bagian kaki.

Penyebab Tangan dan Kaki Bengkak Saat Hamil
"Jika ibu hamil berdiri dalam waktu yang lama, kaki menggantung. Jadi akumulasi cairannya ke bagian bawah tubuh. Jadi bengkak deh bagian kaki." lanjut dr.Reisa
source: https://www.haibunda.com/

Namun hal ini bisa diatasi kok, Moms. dr.Reisa menyebutkan untuk menghindari kaki bengkak saat hamil, Moms harus banyak-banyak istirahat, menggunakan alas kaki yang nyaman, dan ketika tidur, Moms bisa sesekali mengangkat kaki. Moms bisa mengganjal kaki dengan bantal atau ditempelkan pada tembok.

baca juga

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Dilansir dari Alodokter, ada beragam cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil selain seperti yang sudah disebutkan dr.Reisa sebelumnya. Diantaranya:

  • Ketika duduk atau tidur, ganjal kaki dengan bantal, tujuannya untuk memperbaiki sirkulasi darah.
  • Umumnya edema terjadi pada ibu hamil yang kurang berolahraga. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk rutin berolahraga ringan, seperti berenang atau berjalan kaki.
  • Hindari duduk atau berdiri terlalu lama.
  • Sebaiknya hindari suhu panas, baik itu mandi dengan air hangat, atau terpapar sinar matahari yang terik. Namun, jika Moms merasa dingin boleh menggunakan pakaian yang hangat.
  • Hindari aktivitas fisik yang terlalu berat.
  • Mengenakan sepatu yang nyaman jika berpergian.
  • Kurangi penggunaan garam pada masakan. Mengonsumsi makanan yang asin dapat memperparah edema.
Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil
source: https://hellosehat.com/

Nah Moms, itu tadi penyebab kaki atau tangan Moms mengalami bengkak saat hamil. Coba ikut tips di atas untuk mengurangi kaki dan tangan bengkak selama hamil. Namun jika bengkak tidak kunjung berkurang, sebaiknya Moms berkonsultasi dengan dokter kandungan Mommies. Sehat terus ya, Moms.