Menjalani proses kehamilan dan persalinan merupakan anugerah yang tentu diinginkan oleh semua wanita. Namun, berbagai kondisi mulai dari kesuburan hingga usia menciptakan batasan untuk sebagian wanita dalam mengupayakan keturunan. Namun, itu semua terbantahkan dalam kasus persalinan yang dijalani oleh seorang wanita yang hanya diidentifikasi dengan nama belakangnya, yaitu Tian. Ia berhasil melahirkan anak perempuan dengan selamat dan sehat di usianya yang ke-67.

Hamil Secara Alami

Dilansir dari People, Tian adalah seorang pensiunan dokter di rumah sakit yang sama. Pihak rumah sakit mengatakan bahwa Tian mengandung bayi secara alami dengan menggunakan perawatan kesuburan tradisional Tiongkok.

Hamil Secara Alami
source: https://www.cnn.com/
baca juga

Kepala Rumah Sakit tersebut, Lui Chengwen, mengatakan bahwa pihak rumah sakit telah memeriksa sistem reproduksi Tian selama proses kehamilannya. Mereka mengaku bahwa rahim dan ovarium yang dimiliki oleh Tian berbeda dengan yang dimiliki oleh kebanyakan wanita di usia 60-an. Ia memiliki ovarium yang mirip dengan wanita berusia 40-an. Itu yang menjadi alasan mengapa Tian bisa hamil secara alami. 

Tantangan Hamil di Usia Lanjut

Namun, hamil di usia lanjut tidaklah mudah. Tetap ada tantangan yang harus dihadapi Tian. Dalam kasusnya, ia mengalami komplikasi selama masa kehamilan karena Tian mengalami gagal jantung serta fungsi hati dan ginjal yang abnormal ketika mendekati hari perkiraan lahir. Ia juga mengalami preeklamsia, komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi pada seseorang yang biasanya tidak mengalaminya. Kondisi ini dapat menyebabkan pembengkakan tiba-tiba di wajah dan tangan dan dapat menyebabkan komplikasi fatal.

Tantangan Hamil di Usia Lanjut
source: https://www.straitstimes.com/
baca juga

Untuk mengatasinya, tim dokter merancang perawatan terapeutik khusus dan rencana pananganan kondisi darurat. Mereka membuat tim yang terdiri dari dokter dari spesialis penyakit dalam, bedah, kebidanan, gizi dan departemen lain untuk menyediakan pemantauan sepanjang periode kehamilan Tian.

Bayi Lahir Sehat dengan Proses Melahirkan Caesar

Kemudian tian melahirkan putrinya melalui operasi caesar dengan beratnya 2,5 kilogram pada saat kelahiran. Tian mungkin wanita tertua yang pernah melahirkan di negara itu. Sebelumnya pernah tercatat bahwa wanita tertua sebelumnya yang pernah melahirkan di Cina berusia 64. Tian dengan suaminya yang kini berusia 68 tahun, yang bernama Huang, ternyata telah memiliki dua anak. Mereka bahkan juga memiliki banyak cucu, yang tertua sudah berusia 18 tahun.

Bayi Lahir Sehat dengan Proses Melahirkan Caesar
source: https://www.spiegel.de/

Kasus ini cukup mengalihkan banyak perhatian. Pasalnya, wanita yang menjadi hamil setelah usia 35 tahun sangat berisiko untuk mengalami komplikasi tertentu, seperti diabetes kehamilan, tekanan darah tinggi dan berat lahir rendah. Bahkan, risiko bahwa mereka dapat kehilangan kehamilan juga lebih tinggi.