Kapan Suara Anak Laki-laki Akan Berubah?

Mommy yang memiliki anak laki-laki mungkin akan bertanya, kapan sekiranya suara anak laki-laki akan berubah? Jawabannya tentu bukanlah waktu atau usia yang pasti. Pasalnya, pubertas tidak dapat diperkirakan dan tidak dapat diprediksi, baik itu pada anak perempuan maupun pada anak laki-laki. Mommy mungkin tahu bahwa anakmu akan melewati tahap-tahap pubertas, tetapi Mommy tidak selalu tahu kapan gejala-gejala itu akan muncul.

Normal Terjadi, Kapan Suara Anak Laki-laki Berubah?
source: https://www.verywellfamily.com/

Dilansir dari Verywell, anak laki-laki biasanya akan mengalami perubahan suara di masa pubertas. Masa pubertas ini dapat terjadi kapan saja dalam rentang usia 10 dan 15 tahun. Namun, pada umumnya perubahan suara akan dimulai di sekitar usia 12 atau 13. Ini biasanya merupakan periode tahun-tahun sekolah menengah. Tidak bisa dipungkiri, perubahan suara pada anak laki-laki terkadang dapat menimbulkan pengalaman yang sedikit memalukan bagi mereka.

Normal Terjadi, Kapan Suara Anak Laki-laki Berubah?
source: https://vocalprocess.co.uk/
baca juga


Mengapa Suara Anak Laki-laki Berubah?

Perubahan suara merupakan tahap normal yang terjadi dalam proses pubertas untuk anak laki-laki. Penyebab mengapa suara anak laki-laki mengalami perubahan seperti lebih pecah atau terdengar lebih berat adalah karena pertumbuhan kotak suara atau laring saat anak tumbuh lebih besar. Sebelumnya, di masa anak-anak laring atau kotak suara mereka berukuran lebih kecil. Kemudian, pada masa pubertas, bagian-bagian tubuh tersebut berubah di mana kotak suara menjadi lebih besar dan pita suara menjadi lebih tebal dan lebih panjang daripada sebelum pubertas.

Inilah yang menjelaskan mengapa anak laki-laki dan laki-laki pasca-pubertas memiliki suara yang yang lebih berat. Mommy mungkin dapat melihat secara visual bagaimana pertumbuhan laring dari pembesaran pada jakunnya.

Normal Terjadi, Kapan Suara Anak Laki-laki Berubah?
source: https://www.healthline.com/


Pendampingan Anak di Masa Pubertas

Dalam mendampingi anak yang sedang pubertas, dalam hal ini mengalami perubahan suara, hal yang harus Mommy pahami adalah ini merupakan sebuah kondisi yang normal terjadi. Ada kemungkinan anak laki-lakimu mungkin tidak menyadari bahwa suaranya berubah menjadi semakin dalam dan berat. Namun, ia mungkin akan merasa malu saat suaranya mendadak pecah atau melengking di depan orang lain. Jika ini terjadi, arahkan anak untuk berbicara lebih perlahan dan beri jeda saat berbicara. Berdehem atau menghela nafas dapat membantu mengurangi suara yang mengganggu. 

Normal Terjadi, Kapan Suara Anak Laki-laki Berubah?
source: https://www.verywellfamily.com/

Meskipun terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman dan memalukan, perubahan-perubahan yang terjadi di masa pubertas hanya bersifat sementara sebagai periode transisi. Beritahu mereka bahwa ini semua akan berlalu begitu saja. Jadi, tidak udah malu atau takut menjalani berbagai perubahan yang terjadi.