1. Dikucilkan oleh Teman Sebaya

Moms Wajib Tahu, Ini 5 Masalah Pertemanan yang Umum Dihadapi Anak di Sekolah
source: https://foreverymom.com/

Dilansir dari Verywell, bagi anak-anak dan remaja, ketakutan terbesar yang mereka takutkan dalam pergaulan adalah dikucilkan secara sosial dari teman dan teman sebayanya. Mereka sangat ingin menjadi bagian dari kelompok. Jika ia tidak berada dalam satu kelompok, mereka akan merasa kehilangan perannya dalam kehidupan sosial. 

Apabila Mommy mendapati anakmu dikucilkan dalam pergaulannya, cobalah cari tahu alasannya. Apakah keterampilan sosialnya perlu ditingkatkan? Atau, adakah alasan lain yang membuat teman-temannya tidak mau bergaul dengannya? Mommy juga bisa berkonsultasi dengan gurunya untuk mendapatkan masukan dan bantuan.


2. Menghadapi Bullying di Sekolah

Moms Wajib Tahu, Ini 5 Masalah Pertemanan yang Umum Dihadapi Anak di Sekolah
source: https://www.irishtimes.com/

Mendidik anak tentang bullying adalah hal yang penting untuk dilakukan sejak dini. Berikan mereka penjelasan mengenai cara menghadapi penindasan yang terjadi di sekolah. Selain itu, ajari pula mereka bahwa teman yang baik tidak akan menggertak atau mencoba memanipulasi orang lain. Selain itu, teman baik juga tidak menyiksa teman mereka. Jadi, pastikan bahwa Mommy juga berkontribusi dalam meminimalisir aksi bullying di sekolah dengan mendidik anak tentang penindasan itu sendiri.

baca juga


3. Dibuang dari Pergaulan

Moms Wajib Tahu, Ini 5 Masalah Pertemanan yang Umum Dihadapi Anak di Sekolah
source: https://www.verywellfamily.com/

Penolakan atau tidak dianggap dalam sebuah lingkungan sosial akan selalu menjadi hal yang sulit untuk dijalani, khususnya bagi anak-anak dan remaja. Terkadang mereka ditolak, bahkan oleh teman lama, atau dicampakkan untuk bergaul dengan anak-anak yang lebih populer. Hal ini juga terjadi saat mereka tumbuh terpisah karena minat yang berubah atau perkembangan yang cenderung berbeda.

Saat anakmu dicampakkan oleh seorang teman, pastikan Mommy untuk selalu ada di sampingnya untuk memberikan dukungan. Biarkan dia tahu bahwa terkadang persahabatan tidak bertahan lama, dan ingatkan bahwa ia masih memiliki teman-teman yang tetap ada untuknya. Jangan lupa untuk membantunya memperluas lingkaran pertemanannya melalui kegiatan sosial dan ekstrakurikuler.


4. Bertahan dari Pengaruh Buruk Teman-teman

Moms Wajib Tahu, Ini 5 Masalah Pertemanan yang Umum Dihadapi Anak di Sekolah
source: http://mamiverse.com/

Tidak bisa dipungkiri, beberapa anak akan berubah saat memasuki sekolah menengah pertama. Mereka mungkin akan menghadapi banyak hal buruk, seperti rokok, narkoba, alkohol, atau perilaku berbahaya lainnya. Ingatkan anakmu untuk selalu berada dalam garis pertahanan untuk tetap menjaga diri. Penting bagi Mommy untuk dapat mengenal teman-teman anakmu dan sering mengobrol dengan orang tua lainnya. Dengan begitu, Mommy dapat membantunya menghindari pertemanan yang berbahaya dan mendampinginya untuk menghadapi pengaruh-pengaruh buruk.

baca juga


5. Dimanipulasi dan Dimanfaatkan

Moms Wajib Tahu, Ini 5 Masalah Pertemanan yang Umum Dihadapi Anak di Sekolah
source: https://www.pbs.org/

Terakhir, hal buruk yang juga harus diwaspadai adalah persahabatan yang sebenarnya merugikan. Mungkin saja anakmu akan bertemu dengan seorang teman yang memanipulasi atau memanfaatkannya. Jika ini terjadi, anakmu akan membutuhkan bantuanmu agar dapat menghadapinya. Jelaskan apa itu manipulasi, dan bagaimana cara tepat untuk membela diri sendiri. Bekali anakmu dengan frasa atau tanggapan yang membantunya menghadapi teman-teman yang manipulatif.