1. Isa Haidar, Anak Elvy Sukaesih

Anak Elvy Sukaesih pernah viral di media sosial, lantaran ia mengamuk hingga menghancurkan salah satu warung. Setelah diulik ternyata, Isa Haidar mengidap gangguan mental, skizofrenia. Di mana bila penderita Skizofrenia ini akan mengalami halusinasi, delusi hingga kekacauan dalam berpikir. Hal ini lah yang membuat Isa mengamuk dan melukai diri sendiri.

Dilansir dari HaiBunda, sang adik, Fitria, mengungkapkan, "Yang dia derita skizofrenia, enggak sama sama gila tapi memang dia cenderung melukai orang, diri sendiri gitu." 
1. Isa Haidar, Anak Elvy Sukaesih
source: http://www.hot.detik.com

2. Zoe, Anak Lee Jeong Hoon dan Moa Aeim

Baru-baru ini, dilansir dari InsertLive, Lee Jeong Hoon menceritakan kondisi psikis anak keduanya Zoe. Diketahui saat berumur 5 tahun, Zoe sering melukai diri sendiri dengan cara mencakar-cakar dirinya saat tidak bisa menyampaikan keinginan.

"Zoe sensitif kalau nggak bisa ngomong apa-apa, dia nyakar-nyakar tubuhnya. Kalau dia enggak bisa mengungkapkan keinginan. Psikologinya ada yang terluka. Tinggal sama aku berubah," ungkap Lee.

Namun, Lee Jeong Hoon mendidik Zoe dengan sedikit lebih keras dan galak. Untung mengurangi kebiasaan-kebiasaan itu. Setelah sering diajak bicara, kebiasaan mencakar-cakar Zoe perlahan-lahan berkurang.
2. Zoe, Anak Lee Jeong Hoon dan Moa Aeim
source: http://www.instagram.com/moe_cut3
baca juga

3. Chloe, Anak Melaney Richaro

Akhir-akhir ini Melaney Richardo terbuka mengenai masalah yang dialami anak pertamanya, Chloe Valentine Lynch . Lewat media sosial, Melaney bercerita, saat Chloe merasa cemas atau panik, ia akan cenderung melukai diri sendiri, dengan cara mengigit bibirnya. Chloe tidak sadar, bila ia sering mengigit bibir bawahnya saat dalam keadaan sangat cemas dan panik.

"Aku pikir cuma iritasi bibir saja. Cuma lama-lama kok aku perhatiin kayaknya setiap dia mengalami ujian yang berat gitu ya, sekolah, dictation yang lumayan banyak, dia stres gitu dan bibirnya makin merah. Ya, itu salah satu tanggapan dari ahli psikologi," kata Melaney, dikutip dari kanal YouTube Starpro Indonesia. 

Setelah berkonsultasi dengan psikolog, ternyata kebiasaan yang dilakukan anaknya ini, terjadi bila si anak dalam keadaan grogi, cemas dan tidak bisa menyampaikan keinginannya ke orang lain. Hal ini merupakan respons diri terhadap stress yang dialami, sama halnya dengan kebiasaan mengigit kuku saat grogi.
3. Chloe, Anak Melaney Richaro
source: http://www.instagram.com/melaney_ricardo

Nah, itu dia, Moms, 3 anak selebriti yang cenderung melakukan self harm saat tidak bisa menyampaikan keinginan atau kondisi psikis tertentu. Semoga lekas membaik, ya!