1. Bau segar dan tidak amis

Tips pertama memilih ikan segar di pasar adalah dengan mencium baunya. Ikan yang baru, masih berbau segar dan khas. Bau yang segar dan ringan ini tidak akan mengganggu indera penciuman ataupun berbau aneh. Namun, bila ikan mulai berbau amis atau menyengat, menandakan ikan tersebut tidak lagi segar. Biasanya bau amis ini menandakan ikan sudah mulai membusuk. Bau amis yang kuat juga bisa menandakan bahwa ikan sudah terlalu lama disimpan di suhu ruang.
1. Bau segar dan tidak amis
source: http://pixabay.com

2. Kulit dan sisik berwarna terang

Moms bisa mengamati warna kulit dan sisik ikan untuk mengetahui ikan tersebut segar atau tidak. Ikan yang segar akan menunjukkan kulit yang tampak mengilat dengan warna yang terang. Sisiknya pun memiliki warna yang cerah dan masih lengkap. Sedangkan ikan yang tidak segar, memiliki tampilan kulit dan sisik yang kusam. Saat dipegang pun, sisiknya lepas saat ditarik. Ikan yang segar, sisiknya masih menempel kuat pada badan ikan dan tidak mudah terlepas saat ditarik.

2. Kulit dan sisik berwarna terang
source: http://www.possector.com
baca juga

3. Daging ikan masih kenyal dan elastis

Sama halnya dengan kulit dan sisik ikan, pastikan ikan memiliki daging dengan warna yang cerah dan tidak kusam. Ikan yang tidak segar memiliki kecenderungan daging ikan kusam. Selain itu, ikan yang segar biasanya memiliki daging yang elastis dan kenyal. Saat ditekan dengan telunjuk, daging akan kembali seperti semula setelah ditekan. Seluruh dagingnya pun masih melekat kuat pada tulangnya. Namun, pada ikan yang tidak segar, tekstur daging akan menjadi lunak dan saat ditekan dengan telunjuk, daging tidak kembali seperti semula.

3. Daging ikan masih kenyal dan elastis
source: http://www.food.detik.com/

4. Mata ikan jernih

Yang bisa Moms perhatikan saat memilih ikan segar adalah perhatikan mata ikan. Mata ikan segar akan tampak terang dan jernih dengan warna hitam di tengahnya. Permukaan mata juga terlihat menonjol dan terasa kenyal saat dipegang. Adapun mata ikan yang mengilap menandakan ikan masih sangat segar. Sebaliknya, jika mata ikan tampak mengkerut, keruh ataupun buram, maka ikan tersebut tidak segar. Ikan segar pada bagian matanya berwarna putih kekuningan namun pada ikan yang sudah terlalu lama disimpan, akan berubah menjadi kemerahan.
4. Mata ikan jernih
source: http://www.cheesebaypackging.com
baca juga

5. Insang berwarna merah darah

Tips terakhir memilih ikan segar di pasar adalah dengan melihat insang ikan tersebut. Caranya, angkat penutup insang pada sisi kepala ikan dan amati. Ikan yang masih baru atau ikan segar akan memiliki insang yang tampak bersih, segar dan berwarna merah darah. Semakin merah warna insang, maka semakin bagus kualitas ikan tersebut. Apabila insang berwarna kecoklatan atau berwarna abu-abu pada bagian insang, maka ikan tersebut sudah tidak segar. Bagian insang yang berlendir atau tampak terpisah, menandakan kualitas ikan sudah menurun.

5. Insang berwarna merah darah
source: http://www.pixabay.com

Nah, itu dia, Moms, 5 cara memilih ikan segar di pasar. Cukup mudah, kan? Semoga bisa diterapkan, ya, Moms!