Aduk Santan

Tips yang pertama adalah Moms harus rajin mengaduk santan. Setelah santan dimasukkan kedalam masakan, Moms harus mengaduk terus masakan hingga mendidih. Karena pengadukan yang tidak terus menerus sebelum mendidih akan membuat santan pecah.

Aduk Santan
source: https://kumparan.com/

Api Kompor Kecil

Setelah santan dimasukkan, Moms wajib memperhatikan api kompor ya, Moms. Pastikan api kompor dalam posisi kecil-sedang. Karena api yang terlalu besar akan membuat santan mudah pecah.

Api Kompor Kecil
source: https://banjarmasin.tribunnews.com/
baca juga

Masukkan Santan Encer Terlebih Dahulu

Jika Moms memasak dengan dua jenis santan, sebaiknya Moms memasukkan santan encer terlebih dahulu dan masak bersama bumbu serta bahan makanan lain hingga mendidih. Nah, setelah itu Moms baru boleh memasukkan santan kentalnya. Jangan lupa untuk terus mengaduk dengan api kecil ya, Moms.

Masukkan Santan Encer Terlebih Dahulu
source: https://kumparan.com/

Tambahkan Tepung Beras

Cara selanjutnya agar santan tidak pecah saat dimasak, Moms bisa menambahkan sedikit tepung beras dalam santan Mommies. Ini bisa meminimalisir kemungkinan santan akan pecah, Moms. Setelah dicampur dengan tepung beras, baru Moms bisa memasukkan santan tersebut ke dalam masakan.

Tambahkan Tepung Beras
source: https://www.alodokter.com/
baca juga

Pilih Santan Instan

Tips terakhir agar santan tidak pecah saat dimasak adalah dengan menggunakan santan instan atau siap pakai. Ini merupakan cara paling sederhana dan jarang terjadi santan pecah. Hal ini disebabkan santan instan dalam kemasan sudah ditambahkan bahan penstabil (emulsifier) sehingga ketika dimasak, santan tersebut akan tetap atau stabil konsistensinya.

Pilih Santan Instan
source: https://www.merdeka.com/

Nah Moms, itu tadi tips agar santan yang Moms masak tidak pecah. Jadi masakan Moms akan tetap terjaga kelezatannya. Jadi sudah punya rencana masak apa Moms hari ini? Ingat-ingat tips diatas ya, Moms. Semoga informasi ini bermanfaat Mommies.