Cara Memilih Daun Pandan

Moms, di Indonesia ada beberapa jenis daun pandan yang wajib Moms ketahui sebelum memilihnya, yaitu pandan duri, pandan wangi, pandan melintir, dan pandan laut. Namun, daun pandan yang umumnya digunakan sebagai campuran masakan adalah daun pandan wangi. Untuk jenis daun pandan yang lain, biasanya digunakan untuk tanaman hias, obat, atau anyaman.

Moms, tidak perlu bingung mana daun pandan wangi yang biasanya digunakan untuk memasak dan mana daun pandan yang digunakan untuk tanaman hias. Ciri pandan wangi adalah tekstur daunnya halus, tepi daunnya tidak tajam, berwarna hijau cerah, dan pastinya tercium aroma wangi.

Cara Memilih Daun Pandan
source: https://www.jawapos.com/

Dipasaran, daun pandan wangi biasanya dijual dalam dua bentuk yakni pandan segar dan pandan kering. Pandan kering biasa digunakan untuk anyaman, sedangkan pandan wangi yang digunakan untuk memasak adalah pandan segar. Sebaiknya Moms memilih daun pandan yang segar dengan ciri daunnya berwarna hijau cerah, bertekstur halus tanpa noda hitam atau kotoran, dan aroma wanginya kuat.

Cara Menyimpan Daun Pandan

Jika Moms sudah berhasil memilih mana daun pandan wangi, sekarang saatnya Moms tahu bagaimana cara menyimpan daun pandan agar tetap segar. Meski daun pandan lebih baik digunakan ketika masih dalam keadaan segar, namun  tidak ada salah kok jika Moms mau menyimpannya di rumah sebagai persediaan. 

Namun sayangnya, daun pandan tidak bisa bertahan lama jika disimpan di dalam kulkas secara utuh. Ada dua cara menyimpan daun pandan agar tetap segar, Moms. Cara pertama adalah Moms masukkan daun pandan ke dalam kantung plastik kering dan letakkan di dalam kulkas bagian sayuran.

Cara Menyimpan Daun Pandan
source: https://www.suara.com/

Cara kedua, Moms bisa membuat daun pandan menjadi ekstrak pandan. Moms bisa membuatnya sebagai jus. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Potong daun pandan, lalu cuci, dan tiriskan
  • Masukkan potongan daun pandan dalam blender. Beri sedikit air dan blender sampai halus. Kemudian, saring ekstrak daun pandan hingga tersisa airnya saja. Lalu buang ampasnya.
  • Tuang ekstrak daun pandan ke dalam wadah/toples kering dan kedap udara.
Nah Moms, sekarang sudah nggak perlu repot lagi mencari daun pandan milik tetangga atau bingung membeli di pasar. Karena Moms bisa menyimpan daun pandan dalam waktu yang cukup lama. Semoga informasi ini bermanfaat Mommies.