Bicara soal kisah horor pasti nggak lepas dari hantu-hantu seperti kuntilanak, pocong, hingga kuyang. Hantu-hantu ini ternyata memiliki kisah seram yang bisa membuat bulu kuduk berdiri. Nah, dari sekian banyak hantu yang ada di Indonesia, inilah daftar hantu terseram yang mungkin pernah moms temui. 

1. Kuntilanak

Kuntilanak adalah salah satu sosok hantu yang pasti sudah tak asing ditelinga moms. Hantu ini berwujud wanita cantik berambut panjang dengan wajah pucat, dan pakaian serba putih. Saking seramnya, hantu ini kerap kali muncul dalam film horor bahkan sempat beberapa kali memiliki film solo. Ia juga disebut-sebut sebagai salah satu hantu yang sering menampakkan diri di hadapan manusia. Masyarakat Indonesia percaya jika kuntilanak merupakan wanita yang meninggal saat hamil atau melahirkan.

6 Hantu Paling Seram di Indonesia, Sudah Pernah Lihat Salah Satunya?
source: https://nasional.okezone.com/

2. Pocong

Mirip dengan kuntilanak, hantu ini sering digunakan sebagai objek film horor. Ia adalah hantu yang hanya bisa moms temukan di Indonesia. Pocong adalah perwujudan dari arwah orang meninggal yang marah karena orang-orang lupa membuka tali pocongnya.

Pocong berwajah hitam dengan tatapan kosong, akan tetapi tidak jarang jika makhluk ini muncul dengan wajah yang sudah rusak dan berdarah-darah. Cara berjalan pocong adalah dengan melompat, ini karena tali pada kain kafannya masih terikat. Akan tetapi menurut pengakuan masyarakat ada yang pernah melihat pocong terbang. 

6 Hantu Paling Seram di Indonesia, Sudah Pernah Lihat Salah Satunya?
source: https://lifestyle.okezone.com
baca juga

3. Genderuwo

Jika kuntilanak disebut sebagai hantu wanita paling seram, Genderuwo adalah hantu pria yang paling seram dan terkenal. Hantu ini sering mengganggu manusia. Wujud dari genderuwo sendiri adalah sebuah sosok yang menyerupai raksasa dengan tubuh besar dan berbulu. Warna matanya merah, ia juga memiliki taring di wajah dan cakar pada jarinya.

Kemunculan Genderuwo umumnya ditandai dengan bau singkong bakar. Sebagai wujud hantu pria, ia sangat suka mengganggu wanita. Bahkan disebutkan jika mereka tak segan mengubah wujudnya menjadi pasangan seorang wanita dan menghamilinya. Wah, moms harus hati-hati nih!

6 Hantu Paling Seram di Indonesia, Sudah Pernah Lihat Salah Satunya?
source: https://www.kumparan.com

4. Sundel Bolong

Sundel Bolong adalah hantu yang dipercaya berasal dari wanita yang mati karena diperkosa atau melahirkan anak di dalam kubur. Kemunculan sundel bolong biasanya ditandai dengan bau busuk atau bau anyir. 

Bau tersebut dipercaya berasal dari bagian punggungnya yang berlubang besar. Lubang tersebut terlihat seperti luka yang dipenuhi dengan belatung. Serupa dengan kuntilanak dan pocong, sundel bolong juga memiliki film solo pada tahun 1981 yang diperankan oleh Suzanna. 

6 Hantu Paling Seram di Indonesia, Sudah Pernah Lihat Salah Satunya?
source: https://www.hipwee.com/
baca juga

5. Hantu kepala buntung 

Hantu kepala buntung adalah hantu yang sangat populer di Jakarta, terutama di kawasan TPU Jeruk Purut. Dikabarkan jika hantu kepala buntung pernah menampakkan dirinya di pemakaman ini pada tahun 1986. Hantu ini adalah jelmaan dari sosok seorang pastur yang dulunya dibantai dengan cara dipenggal kepalanya. 

Saat menampakkan diri dihadapan manusia, hantu ini memakai jubah hitam sambil menenteng kepalanya. Ia juga ditemani oleh seekor anjing. Selain di TPU Jeruk Purut, hantu ini juga pernah menampakkan diri di daerah Lembang. 

6 Hantu Paling Seram di Indonesia, Sudah Pernah Lihat Salah Satunya?
source: https://www.arahkita.com

6. Wewe Gombel

“Jangan main di luar saat maghrib, nanti diculik wewe gombel!”. Kalimat ini sering diucapkan pada anak-anak yang masih kerap ingin bermain di luar saat hari petang. Wewe Gombel menjadi hantu yang populer di kalangan anak-anak karena disebut sering menculik anak. Anak yang diculik wewe gombel tersebut bukan untuk dicelakai tetapi untuk dirawat. 

Wewe gombel berwujud wanita tua dengan rambut yang acak-acakan. Salah satu ciri hantu ini adalah bentuk payudara yang menggantung hingga menyentuh tanah. Dulunya wewe gombel adalah wanita tua yang hidup sendiri di hutan dan ketika ada anak-anak di desa menghilang, warga menudingnya sebagai penculik dan membunuhnya. Setelah nenek tersebut mati, anak-anak di desa yang hilang kembali. Hantu ini datang untuk menuntut balas pada warga desa yang sudah membunuhnya. 

6 Hantu Paling Seram di Indonesia, Sudah Pernah Lihat Salah Satunya?
source: https://www.kaskus.id