Berteman dengan Gravitasi

Kemampuan bergerak bayi tergolong cepat berkembang. Meski belum genap berusia 6 bulan, tapi bayi yang semula hanya bisa tidur terlentang, sudah bisa bergulir ke kanan dan ke kiri, menyesuaikan tubuhnya dengan gaya gravitasi. Bayi suka sekali berpindah seolah mencari-cari sesuatu. Alangkah baiknya kalau kamu menurunkannya ke lantai yang telah dilapisi dengan selimut, dan bergerak-gerak bersamanya di sana. 
 

source: https://www.huggies.com/


 

baca juga

Melacak Sesuatu Dengan Matanya

Di usia 3 bulan, kemampuan bayi melihat benda yang bergerak semakin berkembang. Ia akan melacak perpindahan benda dengan matanya yang bergerak ke kanan, ke kiri, ke atas maupun ke bawah. Coba latih kemampuan melacak bayi dengan memperlihatkannya suatu benda, lalu pindahkan ke atas, ke bawah dan ke kiri juga ke kanan. Mata bayi pasti akan mengikuti ke mana benda diletakkan. 
 

source: https://www.shutterstock.com


 

Tummy Time

Biasanya di usia 4 atau 5 bulan, bayi sudah mahir berguling dari belakang ke depan. Setelah itu, bayi akan menguasai posisi berbaring di atas perutnya atau dikenal dengan tummy time. Posisi tummy time si bayi juga semakin berkembang sampai bisa mengangkat kepalanya sendiri dan bayi terlihat rileks dan senang melakukannya. Kemampuan tummy time bayi ini sebenarnya sudah bisa kamu latih saat usianya baru beberapa minggu. Caranya adalah sering-sering membaringkan bayi dengan posisi tengkurap di atas perut. 
 

source: https://www.motherandbaby.co.uk


 

baca juga

Mendorong dengan Kedua Tangan

Saat bayi sudah mahir dengan tummy time, ia akan mencoba gerakan lainnya. Salah satunya dengan mendorong tangannya ke depan agar bisa bergerak maju. Saat mendorong ke depan, tubuh bayi akan bergerak ke arah sebaliknya, yaitu meluncur ke belakang. Bayi mungkin merasa bingung, awalnya ingin bergerak maju malah semakin mundur. 
Kamu bisa menstimulasi kemampuan bayi ini dengan melakukan tummy time bersama-sama sambil saling berhadapan. Kemungkinan besar ia akan menyukainya jika kamu berada di lantai bersamanya. 
 

source: https://www.todaysparent.com


 

Merayap Ke Depan

Selanjutnya, bayi akan mulai belajar merayap dengan mengandalkan gerakan perutnya. Kemampuan merayapnya akan semakin berkembang hingga bisa merayap ke depan. Gerakan bayi merayap termasuk dalam salah satu kemampuan memindahkan tubuhnya seperti merangkak, berjalan dan berlari, sehingga sangat menakjubkan jika ia mencapai kemampuan ini. 
Awalnya, bayi akan merayap dalam jarak pendek lebih dulu. Untuk melatih kemampuan merayapnya menjadi mahir, kamu bisa memancing bayi dengan memperlihatkan mainan favoritnya dari jarak 1 sampai 2 meter. Biarkan ia mengambil mainan itu sambil merayap ke depan.  

source: https://www.captainmums.com