Orang Indonesia pasti sudah akrab dengan tahu. Makanan olahan yang terbuat dari kedelai ini merupakan sumber pangan yang murah, bergizi, dan sangat mudah ditemukan. Tapi pernahkah moms mendengar soal tofu? Sebenarnya tofu adalah sebutan untuk tahu dalam bahasa Inggris. Tapi kebanyakan orang Indonesia mengartikan bahwa tofu adalah sejenis tahu yang berasal dari Jepang. Meski keduanya sama-sama "tahu" tapi ternyata tahu dan tofu memiliki beberapa perbedaan loh moms.

Perbedaan Tahu dan Tofu

Meskipun tahu dan tofu memiliki rupa yang amat mirip bahkan nyaris sama, tapi keduanya tidak bisa disamakan begitu saja loh moms. Ini beberapa perbedaan tahu dan tofu yang harus moms ketahui.

Perbedaan Tahu dan Tofu
baca juga

Proses Pembuatan

Tahu dan tofu sama-sama terbuat dari susu kedelai atau kedelai yang dihancurkan. Tapi, yang paling berbeda dalam proses pembuatan keduanya adalah bahan penggumpal yang digunakan. Bahan penggumpal untuk pembuatan tofu adalah GDL (Glucono Delta Lectone) dalam jumlah yang sangat kecil, yakni hanya sekitar 0,2-0,3 persen dari susu kedelai yang diolah. Sedangkan dalam pembuatan tahu, pilihan bahan penggumpal yang digunakan lebih beragam. Bisa berupa asam asetat, GDL, kalsium sulfat, atau cairan sisa dari pembuatan tahu sebelumnya dalam jumlah yang cukup banyak. 

Proses Pembuatan

Tekstur

Seperti yang sudah semua orang ketahui, meskipun cukup lembut, tahu memiliki tekstur yang padat. Sedangkan tofu, jika dibandingkan dengan tahu maka teksturnya akan jauh lebih lembut, empuk, dan juga lunak. Karena lembutnya ini, tofu juga sering disebut sebagai tahu sutera.

Tekstur
baca juga

Kandungan Air

Karena memiliki tekstur yang lebih lembut dan lunak, maka kandungan air di dalam tofu berjumlah cukup banyak dan melimpah. Lain halnya dengan tahu yang memiliki kandungan air sangat sedikit, sebab dalam proses pembuatannya kandungan air dalam tahu telah banyak dikurangi.

Kandungan Air

Jenis-jenis Tahu dan Tofu

Tahu dan tofu sama-sama memiliki beberapa jenis yang bisa ditemukan di Indonesia. Untuk tofu terdiri dari momen tofu, yaitu tahu yang bertekstur seperti katun, serta kinu tofu atau tahu yang bertekstur seperti sutera. Sedangkan tahu dikenal terdiri dari tahu putih, tahu kuning, dan tahu sumedang. Tahu juga bisa dibedakan berdasarkan bentuknya, yaitu tahu pong dan tahu bulat.

Jenis-jenis Tahu dan Tofu

Olahan

Memiliki tekstur yang berbeda tentu membuat tahu dan tofu memiliki tratment yang berbeda dalam cara pengolahannya. Tofu yang memiliki tekstur sangat lembut sering diolah menjadi isian sup. Tofu juga bisa digoreng, tapi harus sangat berhati-hati karena rentan hancur. Sedangkan tahu yang memiliki tekstur padat, lebih mudah untuk dijadikan bermacam olahan. Mulai dari digoreng, dijadikan isian sup, tumis, hingga dimasak pepes.

Olahan