Mengerjakan pekerjaan rumah memang terkadang sangat melelahkan. Apalagi jika semuanya menumpuk dan membuat Mommy pusing harus memulainya dari mana. Namun, tahukah Mommy jika sebenarnya mencuci piring dapat secara signifikan membantu tingkat stres apabila dilakukan dengan sadar? Simak ulasan mengenai penelitiannya berikut ini. 

Tahukah Moms, Mencuci Piring Bisa Kurangi Stres dan Depresi Loh!
source: https://www.upi.com/

Dikutip dari Rachfeed, dalam sebuah penelitan, tim peneliti di Florida State University meneliti 51 siswa yang melakukan mencuci piring. Sebelum para mahasiswa itu mulai, setengah dari mereka diminta untuk membaca sebuah paragraf tentang cara mencuci piring perhatian penuh dan sebagian lainnya diminta untuk membaca sebuah paragraf deskriptif pendek tentang cara mencuci piring. 

Tahukah Moms, Mencuci Piring Bisa Kurangi Stres dan Depresi Loh!
source: https://www.epicurious.com/
baca juga

Penelitian ini sebenarnya dilakukan untuk mengamati bagaimana perhatian penuh dalam melakukan aktivitas dapat memberikan kehadiran yang utuh dalam diri seseorang. Dalam hal ini, peneliti membuat hipotesis bahwa mencuci piring dapat menjadi latihan perenungan dalam memaksimalkan fokus dalam melakukan aktivitas. 

Tahukah Moms, Mencuci Piring Bisa Kurangi Stres dan Depresi Loh!
source: https://www.reviewed.com/

Secara khusus, Adam Hanley, kandidat doktor di Sekolah Konseling/Sekolah Pendidikan FSU mengatakan bahwa ia tertarik pada bagaimana aktivitas sehari-hari dalam kehidupan dapat digunakan untuk meningkatkan keadaan sadar penuh seseorang. Dengan demikian, aktivitas ini dapat membantu meningkatkan rasa kesejahteraan hidup yang dirasakannya secara keseluruhan.

Tahukah Moms, Mencuci Piring Bisa Kurangi Stres dan Depresi Loh!
source: https://www.tasteofhome.com/
baca juga

Hasilnya, peserta yang menerima instruksi mencuci piring dengan hati-hati dan saksama membuktikan kondisi kesadaran yang lebih besar, kesadaran perhatian, dan pengaruh positif, serta mengurangi pengaruh negatif. Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang mencuci piring dengan sadar (mereka fokus pada penciuman aroma sabun, merasakan suhu air dan menyentuh piring) dapat menaikkan kondisi perasaan dan inspirasi mereka sebesar 25 persen dan menurunkan tingkat kegugupan mereka hingga 27 persen.

Tahukah Moms, Mencuci Piring Bisa Kurangi Stres dan Depresi Loh!
source: https://www.edengracemaids.com/

Sebaliknya, kelompok yang tidak mencuci piring dengan sadar tidak mendapat manfaat dari tugas itu. Dengan kata lain, peneliti menyimpulkan bahwa kegiatan sehari-hari yang dilakukan dengan kesengajaan dan kesadaran dapat meningkatkan perhatian dan fokus seseorang.

Meskipun lingkup penelitian ini masih sangat kecil, yaitu hanya dengan 51 siswa, para peneliti memberikan saran bahwa perhatian dan fokus dapat dicapai dalam setiap aktivitas harian. Dengan fokus dalam melakukan sesuatu seseorang dapat menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan psikologis.