Bertengkar Di Depan Anak

Moms, ketika anak-anak sering melihat orangtuanya bertengkar, maka anak bisa mengalami gangguan perkembangan pada otaknya. Kesedihan dan kecemasan berat yang dialami anak akibat pertengkaran orangtua akan berdampak pada daya berpikirnya. Dan semua itu akan menjadi pengalaman traumatis yang terus diingat anak sampai dewasa.

Bertengkar Di Depan Anak
source: https://cantik.tempo.co/

Tindak Kekerasan Pada Anak

Anak-anak harusnya dilindungi dan disayangi, terlebih oleh orangtuanya sendiri. Namun tidak jarang orangtua menjadi cepat emosi ketika anak melakukan kesalahan, sehingga ketika emosi tidak terkontrol, maka tangan pun berbicara. Tahukah, Moms? Kekerasan pada anak berupa kekerasan fisik seperti dipukul maupun kekerasan verbal seperti dibentak dapat mengakibatkan anak mengalami gangguan psikologis. Dan ini akan berdampak buruk pada masa depannya.

Tindak Kekerasan Pada Anak
source: https://www.liputan6.com/

Anak yang sering mendapatkan perilaku kasar, maka dia bisa saja kehilangan kemampuan untuk merasa bahagia, dan perlahan akan meningkatkan perasaan yang buruk dan depresif, sehingga ia akan selalu dipengaruhi oleh perasaan yang negatif tanpa adanya keinginan untuk berpikir positif.

baca juga

Meninggalkan Anak Karena Perceraian

Perceraian selalu berdampak pada anak. Meninggalkan anak terlalu lama karena bercerai, maka akan membuat anak merasa sedih yang luar biasa. Nah, hal ini bisa berpotensi membuat anak mengalami gangguan psikologis, salah satunya bipolar. Padahal anak membutuhkan kesejahteraan diri dan rasa dicintai oleh kedua orangtuanya, bukan ditinggalkan.

Meninggalkan Anak Karena Perceraian
source: https://hellosehat.com/

Memberi Label Buruk Pada Anak

Moms, ucapan yang buruk saat memarahi anak akan membuat harga diri anak jatuh dan kehilangan rasa percaya diri. Inilah yang bisa memicu sang anak mengalami gangguan bipolar. Ketika seorang anak memiliki gangguan bipolar, biasanya mereka tidak dapat menghargai dirinya sendiri. Sebab seringnya mendengar kata-kata buruk dari orangtua yang ditujukan kepadanya akan menyisakan tanda dan membentuk karakternya.

Memberi Label Buruk Pada Anak
source: https://nakita.grid.id/
baca juga

Terlalu Melindungi Anak

Sikap orangtua yang selalu melindungi anak atau over protective secara berlebihan dan terus menerus akan berdampak buruk pada psikologisnya. Anak akan kehilangan kesempatan untuk belajar mandiri, bereksplorasi dan menambah wawasan pengetahuan maupun keterampilannya. Dampak yang bisa ditimbulkan dari sikap over protective dari orangtuanya membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang rapuh dan mudah menyerah, sehingga bisa memicu gangguan bipolar.

Terlalu Melindungi Anak
source: https://blog.bajuyuli.com/

Cegah Gangguan Bipolar Pada Anak

Moms, gangguan bipolar pada anak bisa dicegah dengan adanya pola asuh yang baik dari orangtua. Seperti dilansir Tribunnews, Endah Ronawulan, Dokter spesialis kedokteran jiwa dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, mengatakan bahwa gangguan jiwa bipolar bisa terjadi karena berbagai faktor.  Dan Dengan pola asuh dalam keluarga penuh kasih sayang, gangguan bipolar dapat dihindari.

Cegah Gangguan Bipolar Pada Anak
source: https://lampung.tribunnews.com/
"Sepertiga genetik, sepertiga pola asuh pada masa anak-anak atau remaja akhir, dan sepertiga lingkungan." kata Endah.
source: https://lampung.tribunnews.com/

Psikolog Klinis dan Forensik Kasandra Putranto menambahkan, ada persepsi yang salah mengenai pola asuh oleh orangtua. Banyak orangtua berpikir bahwa mendidik anak harus keras sehingga anak tumbuh dengan mental baja dan sukses.

Kasandra mengatakan, tak ada penelitian yang membuktikan, pola asuh keras pada anak menjamin anak sukses dalam hidupnya.

Cegah Gangguan Bipolar Pada Anak
source: https://elshinta.com/
"Anak itu ibaratnya ada yang mental batu, telur rebus, atau tahu. Kalau keluarga terus memberi tekanan pada batu, dia akan kuat. Kalau tekanan pada tahu, langsung hancur. Pola asuhnya penuh kasih sayang, tapi tegas, jadi anak juga tidak manja," kata Kasandra.
source: https://elshinta.com/

Nah Moms, kira-kira seperti apa pola asuh Mommies selama ini? Semoga termasuk pola asuh yang baik, ya, sehingga anak-anak Mommies terbebas dari ancaman gangguan bipolar. Jika ternyata selama ini pola asuh Moms dan Dads masih salah, sebaiknya segera diperbaiki sebelum terlambat.