Ia termasuk salah satu hantu yang bergerak dengan cara melayang. Rupa-rupanya di Indonesia sendiri selain kuyang masih ada lagi hantu yang nggak kalah seram dengan cara bergerak melayang. Apa saja hantu tersebut? 

1. Banaspati

Banaspati merupakan sebutan untuk hantu atau roh jahat dengan kekuatan hitam tingkat tinggi. Banaspati memiliki wujud menyerupai api dengan elemen utama api. Sosok banaspati biasanya berbentuk bola api atau pusaran api.

Hantu ini bergerak dengan cara terbang di ketinggian rendah dari satu tempat ke tempat lainnya. Menurut mitos, banaspati akan membakar manusia yang kerap mengusiknya. Roh jahat ini sering ditemui di pulau Jawa dan Kalimantan. Banaspati mengambil mangsanya melalui perantara udara, sehingga membuat kobaran apinya makin besar dan menyala. 

Tak Kalah Seram dari Kuyang, Ini 4 Jenis Hantu Melayang yang Populer di Indonesia
source: https://www.nyailanjar.com/

2. Pok Pok

Hantu Pok Pok sering juga disebut sebagai hantu Poppo. Ia berasal dari mitos yang tumbuh pada masyarakat Sulawesi. Hantu ini merupakan siluman yang bisa terbang di malam hari dan mengeluarkan suara “pok-pok-pok" yang berwujud manusia berkepala dan organ dalam tubuh saja. Tak cuma itu, hantu pok pok bermata merah dengan lidah yang sangat panjang. 

Menurut masyarakat Sulawesi, hantu pok pok adalah manusia yang sedang melakukan ilmu hitam demi mencapai kekayaan dan awet muda. Ia harus mencari mangsa agar ilmu hitamnya tak tertandingi. Mangsa hantu ini adalah bayi, anak-anak, ari-ari, atau plasenta bayi yang baru lahir. Bisa juga berupa hasil panen warga seperti jagung, beras, dsb. 

Tak Kalah Seram dari Kuyang, Ini 4 Jenis Hantu Melayang yang Populer di Indonesia
source: https://www.boombastis.com/
baca juga

3. Gundul Pringis

Masyarakat Jawa kuno pasti sudah tak asing dengan hantu Gundul Pringis. Gundul Pringis adalah hantu jawa dengan bentuk kepala dengan wajah meringis atau tertawa yang melayang-layang. Biasanya hantu ini kerap menjelma menjadi buah kelapa, tetapi ketika dikuliti dan dibelah yang keluar bukanlah air kelapa melainkan darah segar.

Kemunculan hantu ini sering dilihat saat maghrib. Ia juga kerap kali menyamar menjadi ayam. Gundul pringis juga memiliki sebutan lain, kepala gelinding karena hantu ini dapat mengejar dengan cara menggelinding cepat kemudian menggigit sasarannya agar tidak bisa bergerak.

Tak Kalah Seram dari Kuyang, Ini 4 Jenis Hantu Melayang yang Populer di Indonesia
source: https://www.boombastis.com

4. Leak

Dalam mitologi Bali, Leak adalah penyihir jahat yang hanya bisa dilihat di malam hari oleh dukun pemburu leak. Saat siang hari ia berwujud manusia namun ketika malam mulai menjelang, leak berada di kuburan untuk mencari organ-organ tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir ini dapat mengubah bentuk leak menjadi seperti yang mereka inginkan, mulai harimau, kera, babi, hingga pesawat yang melayang. Bila diperlukan, leak bisa dengan mudahnya mengambil organ manusia hidup. 

Tak Kalah Seram dari Kuyang, Ini 4 Jenis Hantu Melayang yang Populer di Indonesia
source: https://www.vidio.com/

Wah, seram sekali ya moms ternyata hantu-hantu ini. Dari keempat hantu tersebut mana yang paling mengerikan jika ditemui?