Penyebab Anak Takut Mandi

Menurut Dr. William Sears, pengasuh Ask Dr. Sears melalui laman parenting.com, ketakutan mandi pada anak sebenarnya adalah cara anak membangun awareness terhadap lingkungan sekitarnya atau adanya pemahaman baru mengenai perubahan dalam rutinitas keluarga. Seperti yang terjadi pada salah satu putra Dr. Sears sendiri yang menjadi takut mandi karena adanya pemahan baru pada anak mengenai bayangan dirinya ‘tersedot’ ke saluran air bathtub. Dan karena hal itu anaknya menjadi khawatir saat akan mandi.

Selain itu, Dr. Sears juga menduga jika perubahan perilaku ini disebabkan pula karena pengaruh sugesti dari luar seperti saat anak melihat televisi, saluran Youtube dan mendengar sugesti dari orang lain mengenai proses mandi yang menakutkan sehingga membuat anak menjadi takut mandi. Makanya penting menghindari menakut-nakuti anak saat mandi ya moms.

Trik Mengatasi Anak yang Takut Mandi, Ketahui Penyebabnya Juga, Moms

Dr Dyan Hes dari Gramercy Pediatrics juga menambahkan jika anak takut mandi bisa disebabkan karena anak benci air yang mengalir di wajah. Karena menimbulkan rasa tidak nyaman. Dan hal ini juga bisa memicu trauma pada anak dalam beberapa waktu sehingga menimbulkan pemahaman pada anak bila mandi itu tidak menyenangkan. Namun tidak akan sampai dewasa kok moms jadi tidak perlu khawatir.

Untuk selanjutnya takut mandi pada anak biasanya, juga dapat diakibatkan fobia atau ketakutan berlebih dalam hal, dalam kasus ini dikenal dengan istilah ablutophobia. Ablutophobia biasanya dialami wanita dan anak. Fobia ini biasanya terjadi karena pengalaman buruk, genetika atau keturunan dan perubahan fungsi otak karena cedera.

baca juga
Trik Mengatasi Anak yang Takut Mandi, Ketahui Penyebabnya Juga, Moms

Cara Mengatasi Anak Takut

Untuk mengatasi anak yang takut mandi moms harus mampu membuat rasa nyaman pada anak, jadikan mandi hal yang menyenangkan seperti gunakan air panas, mandi dengan mainan, atau gunakan gelembung busa. Saat anak menikmati proses mandinya otomatis buah hati tidak akan takut mandi lagi.

Namun jika trik-trik tadi gagal, maka moms harus bersabar kalau perlu ‘mandikan’ si kecil dengan spons dan keramas rambutnya beberapa kali seminggu. Dan bila anak mau mandi moms juga harus berikan penghargaan bisa berupa pujian atau camilan kesukaannya ya moms. Selain itu moms juga harus berikan pengertian terus-menerus jika ketakutan anak disebabkan oleh ketakutan imajinasinya dengan begitu seiring perjalanan waktu, takut mandi akan berlalu dan anak siap kembali bathtub

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai penyebab ketakutan anak saat mandi dan cara mengatasinya. Namun walau takut mandi cukup membuat moms khawatir tapi seiring bertambahnya waktu dan kematangan diri, ketakutan anak akan berlalu kok moms. Dan semakin dewasa anak akan lebih menyukai mandi. Jadi, tenang-tenang saja, ya moms!