Mengerjakan Shalat Rawatib Dibangunkan Rumah di Surga

Rawatib adalah shalat sunah yang di kerjakan sebelum shalat fardhu. Dan gajaran shalat sunah rawatib adalah di bangunkannya surga, hal ini berdasarkan banyak hadis ya moms. Salah satunya dari Ummu Habibah –istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam-, Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barangsiapa mengerjakan shalat sunnah dalam sehari-semalam sebanyak 12 raka’at, maka karena sebab amalan tersebut, ia akan dibangun sebuah rumah di surga.”

Namun hadis di atas secara dzahir, penerangan keutamaan shalat sunnah rawatib dengan dua pemahaman. Pemahaman pertama, hanya dengan shalat 12 rakaat sehari semalam sekali saja dalam hidupnya maka Allah akan membangunkan satu rumah untuknya di surga.

Dari pemahanan ini muncul anggapan jika seseorang menjaga 12 rakaat tersebut dalam waktu yang lama dirinya akan mendapatkan banyak rumah di surga. Sebaliknya untuk pemahaman kedua orang harus rutin melakukan shalat rawatib baru mendapat satu rumah.

Keistimewaan Shalat Sunah Rawatib, Dibangunkan Rumah Di Surga

Namun menurut Syaikh Bin Bazz Rahimahullah pemahanan yang tepat yaitu bersyarat dengan kontinyu menjalankan 12 rakaat tersebut. Beliau berkata, “Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah mengabarkan bahwa siapa yang kontinyu menjaga shalat sunnah 12 rakaat dalam sehari – semalamnya, dibangunkan untuknya satu rumah di surga.” (Fatawa Syaikh Ibnu Bazz: 11/380)

Untuk penegasan lain moms bisa melihat dalam riwayat At Tirmidzi, dari ‘Aisyah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barangsiapa merutinkan shalat sunnah dua belas raka’at dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga. Dua belas raka’at tersebut adalah empat raka’at sebelum  zhuhur, dua raka’at sesudah zhuhur, dua raka’at sesudah maghrib, dua raka’at sesudah ‘Isya, dan dua raka’at sebelum shubuh.”

Selain penegasan akan ganjaran rumah di surga hadis di atas juga menjelaskan mengenai jumlah shalat sunah rawatib pada masing-masing shalat fardhu, jadi jangan sama salah dalam mengerjakan shalat sunah rawatib ya.

baca juga
Keistimewaan Shalat Sunah Rawatib, Dibangunkan Rumah Di Surga

Keistimewaan Lain Shalat Rawatib

Perlu moms ketahui jika keistimewaan melaksanankan shalat sunah rawatib bukan hanya memperoleh rumah di surga lho, namun juga dengan melaksanakan shalat rawatib rutin maka sama halnya menutupi kekurangan sholat fardhu yang ditinggalkan. Selain itu Allah akan mengangkat derajatnya siapa saja yang rutin shalat rawatib dan orang yang rajin shalat sunah ini akan terhindar dari sifat sombong dan riya

Nah, itulah tadi salah satu keistimewaan dalam shalat rawatib. Dan sebagaimana shalat rawatib memiliki banyak keistimewaan maka sebenarnya sunah lainpun juga perlu memiliki keutamaan jadi jangan lupa dengan amalan sunah ya moms.