Adab sederhana Sebelum Tidur Sesuai Tuntunan Islam yang Bisa Diajarkan Pada Anak

Berwudhu Sebelum Tidur
Rasulullah SAW pernah bersabda, “jika kamu mendatangi tempat tidur maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari dan Muslim).
Untuk anak-anak, moms bisa mengajak anak melakukan wudhu bersama. Hal ini juga bisa menjadi ajang pembelajaran wudhu untuk anak saat kelak anak sudah wajib melakukan sholat.

Tidur Dengan Posisi Miring ke Kanan
Untuk posisi ini masih berhubungan dengan hadist untuk tidur sebelum berwudhu ya, moms. Dengan tidur miring ke kanan, moms akan mendapatkan banyak manfaat, seperti mengurangi beban pada jantung, mengistirahatkan lambung, mengistirahatkan otak, meningkatkan waktu penyerapan zat gizi, merangsang buang air besar agar lancar, mengistirahatkan kaki bagian kiri, dan menjaga kesehatan paru-paru. Selain itu Moms, Islam menganjurkan untuk berbaring pada sisi kanan agar seseorang tidak kesusahan untuk bangun shalat malam.

Mengibas Tempat tidur Dengan kain Atau Sapu Lidi
Setan dan jin biasanya menempati kasur atau tempat tidur yang tidak ditempati oleh manusia. Oleh kartena itu, sebelum tidur ajarkan si kecil untuk mengibas tempat tidur dengan sapu lidi atau kain sambil membaca basmallah.  Seperti sabda Rasalullah SAW dalam hadistyang artinya, “jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucap, ‘bismillah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi” (HR.Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi dan Abu Dawud).

Adab sederhana Sebelum Tidur Sesuai Tuntunan Islam yang Bisa Diajarkan Pada Anak

Membaca Al Ikhlas, Al Falaq dan Surat An Naas
Biasakan membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas masing-masing sekali sambil meniup kedua telapak tangan. Setelah itu mengusapkan kedua telapak tangan ke wajah dan bagian tubuh yang bisa dijangkau. Nabi mencotohkan melakukan hal ini sebanyak tiga kali.

Seperti yang dikatakan Aisyah RA,”Nabi SAW ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ‘Qul huwallahu ahad’(surat Al Iklhlash), ‘Qul a’udzu birobbil falaq’(surat Al Falaq) dan ‘Qul a’udzu birobbun naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau di mulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan hal demikian sebanyak tiga kali”(HR.Bukhari).

Membiasakan Tidur Awal Malam
Jika tidak ada keperluan mendesak usahakan tidur malam lebih awal. Karena Nabi juga tidak menyukai orang yang begadang tanpa penyebab.

Ibnu Baththol menjelaskan, “Nabi SAW tidak suka begadang setelah shalat isya’ karena beliau sangat ingin melaksanakan shalat malam dan khawatir jika sampai luput dari shalat shubuh berjama’ah. ‘Umar bin Al Khottob sampai-sampai pernah memukul orang yang begadang setelah shalat Isya’, beliau mengatakan, “Apakah kalian sekarang begadang di awal malam, nanti di akhir malam tertidur lelap?!” (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 3/278, Asy Syamilah).

Ini hanya beberapa cara adab sederhana sebelum tidur sesuai sunnah Nabi yang bisa moms ikuti di rumah bersama keluarga, meskipun masih ada beberapa sunnah lain yang juga sering dilakukan Nabi SAW. Semoga adab sebelum tidur sesuai tuntunan islam kali ini bisa selalu Moms amalkan dan membuat tidur keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT dan keberkahan.