Bacaan Doa Saat Sakit dan Hikmah Di Baliknya, Apa Saja?

Doa Saat Sakit

Dalam hadist disebutkan bahwa Rasulullah SAW mengajarkan doa yang dapat dibaca bagi kita yang merasakan sakit atau nyeri sambil memegang bagian tertentu pada tubuh yang skait tersebut. Berdasarkan riwayat oleh Imam Muslim, berikut ini doa yang dianjurkan;

  •  بِسْمِ اللَّهِ Bismillāh, (dibaca 3 kali). Artinya, “Dengan nama Allah.”
  •  أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ A‘ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru, (dibaca 7 kali). Artinya, “Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan.”
  • Secara lengkap, Imam An-Nawawi mengutip hadits riwayat Imam Muslim tersebut sebagai berikut.;

 وروينا في صحيح مسلم رحمه الله، عن عثمان بن أبي العاص رضي الله عنه، أنه شكا إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وجعا يجده في جسده، فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم ضَعْ يَدَك عَلَى الَّذِي تَأْلَمُ مِنْ جَسَدِك، وَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ ثَلَاثًا، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ
Artinya, “Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Muslim rahimahullah, dari Utsman bin Abil ‘Ash RA bahwa ia mengadu kepada Rasulullah SAW perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah SAW lalu mengatakan kepadanya, ‘Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali, ‘Bismillāh.’ Lalu bacalah tujuh kali, ‘A‘ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru,’’” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113-114).

Bacaan Doa Saat Sakit dan Hikmah Di Baliknya, Apa Saja?

Hikmah Sakit

Ketika sakit, otomatis harus beristirahat lebih banyak
Setiap hari, tubuh selalu dibebani dengan berbagai kegiatan yang menyita tenaga. Maka, saat sakit itulah tubuh diberikan kesempatan untuk beristirahat dan terlepas dari berbagai beban berat untuk sementara waktu.

Mendapat pelajaran berharga untuk menghargai arti sehat
Melalui sakit, moms bisa mendapat pelajaran berharga untuk menghargai arti sehat itu. Saat tubuh sedang sehat, apapun yang dilakukan atau dimakan akan terasa enak. Lain lagi bila sedang sakit, semua serba tidak nikmat. Sehingga, bisa membuat kita senantiasa menghargai kesehatan. Selain dari itu, waktu sakit bisa menjadi waktu “musahabah”, waktu untuk merenungi diri, serta menghitung-hitung bekal apa yang telah dikumpulkan untuk kembali menghadap Illahi.

Selalu mengingat Allah
Sakit itu bisa menjadi “Zikrullah”. Sebab, orang yang sedang sakit akan lebih sering menyebut Asma Allah dibandingkan ketika dalam sehatnya. Kondisi spiritual orang sakit akan berada di titik tertinggi, meskipun psikologisnya ada di titik terendah. Ia tidak memiliki sandaran lain, kecuali Allah. Harapan kesembuhan hanya ada pada Allah.
baca juga
Bacaan Doa Saat Sakit dan Hikmah Di Baliknya, Apa Saja?
Orang yang sakit dekat dengan Allah
Saat sedang sakit, ia akan tidak berdaya. Sehingga, memohon iba serta pertolongan Allah untuk diberi kesembuhan. Hal inilah yang mendekatkan seorang hamba dengan Tuhannya melalui doa. Selain itu, sakit itu bisa menjadi waktu “Istighfar”. Sebab, saat sedang sakit akan teringat dosa-dosa yang pernah diperbuat, sehingga lisan akan terbimbing untuk selalu beristigfar dan memohon ampunan kepada Allah.

Dapat mempererat tali silaturahim
Segudang aktivitas sehari-hari membuat kita mungkin tidak punya waktu untuk berkumpul bersama keluarga atau teman-teman. Ketika sakit, ini dapat mempererat tali silaturahim karena keluarga atau teman akan datang menjenguk. Disinilah silaturahim dapat terbentuk kembali. Karena itu pula, sakit dapat menjadi perekat ukhuwah.

Sakit meningkatkan kualitas “Ibadah”
Saat sakit, rukuk – sujud lebih khusyuk, tasbih – istighfar lebih sering, bermunajat jadi lebih lama. Sehingga, pada akhirnya sakit dapat membawa kita untuk selalu ingat dengan kematian. Selain itu, sakit itu dapat memperbaiki akhlak. Sebab, ketika sedang sakit kesombongan terkikis, sifat tamak dipaksa tunduk, pribadi dibiasakan santun, lembut, dan tawadhu’.

Menghapus dosa
Sebagai manusia pasti ada saja dosa yang kita lakukan baik yang disengaja ataupun tidak setiap harinya. Tetapi, saat seseorang sakit, sesungguhnya kita sedang dicintai oleh Allah SWT sekaligus sedang diberi ujian. Tentunya, kalau diterima dengan sabar dan tawaqal akan merontokan dosa-dosa.

 
Itulah moms doa saat sakit dan hikmah sakit. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan bisa mendapatkan hikmah dari apa yang kita alami, termasuk sakit.