Saat si kecil masih bayi dan belum mengerti apa yang terjadi pada lingkungan sekitarnya, orangtua masih bebas melakukan hubungan bersamaan dengan adanya si kecil di dalam kamar. Namun, sebaiknya ketika si kecil berusia dua tahun keatas, atau sudah mulai paham pada apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya, Moms dan Dads harus waspada dalam melakukan hubungan intim. 

Orangtua tetap harus berhati-hati jika bercinta, walaupun saat si kecil sedang tidur. Anak usia tiga tahun biasanya sudah bisa berpura-pura tidur, jadi mereka masih tetap bisa melihat dan mendengar apa yang terjadi.

Bercinta Saat Sekamar dengan Anak Balita, Ketahui Risikonya, Moms
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcShddKsjHLX9vBGRLDQjRQg4OnqWt1O5P35hv4utn9tkitHS1nG

"Jadi aktivitas yang dilakukan suami istri itu bisa saja anaknya pura-pura tidur padahal dia mendengar atau mengintip dan melihat. Jadi, silakan dipertimbangkan bagus enggak buat anak, jelas enggak," ungkap Alzena Masykouri, psikolog anak dan remaja, dikutip dari Haibunda

Hanna McDonough, psikoterapis keluarga dan pasangan juga mengatakan di laman Haibunda, jika hal itu terjadi, si kecil melihat orangtuanya sedang bercinta, Moms dan Dads harus bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi dan jangan berpura-pura tidak terjadi apa-apa. Tapi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara orangtua menjelaskan, tidak perlu terlalu vulgar, sesuaikan dengan cara menjelaskan edukasi seksual pada anak.

Bercinta Saat Sekamar dengan Anak Balita, Ketahui Risikonya, Moms
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTzwBKvxmy8nHINJqsrgqin9OuCiR46QLwU-57e2hQ4Ctb8GHZs
baca juga

Risiko bercinta saat sekamar dengan anak, orangtua tidak dapat terlalu bebas melakukan hubungan intim, mulai dari waktu, gerakan, suara, dan lain-lain. Jika anak terlanjur memergoki kedua orangtuanya sedang melakukan kegiatan intim tersebut juga bisa berdampak negatif bagi anak, tapi hal ini juga tergantung pada masing-masing anak dan bagaimana cara orangtua menjelaskannya. 

Sebaiknya, Moms dan Dads sebisa mungkn tidak melakukan hubungan intim di depan si kecil. Pilihlah ruangan lain jika memang si kecil sedang berada di kamar yang sama. Kalaupun tidak ada ruangan lain, pilihlah waktu yang tepat, misalnya saat tengah malam ketika si kecil sudah tertidur pulas.

Bercinta Saat Sekamar dengan Anak Balita, Ketahui Risikonya, Moms
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQsd3ny2Cdbr8bHedMQ24uFpuaSNuOywmoZ7Zs5tCLyPqPW2iff

Demikian risiko saat bercinta jika sekamar dengan si kecil. Semoga bermanfaat Moms!