Dilansir dari HaiBunda, ikan memiliki peranan penting untuk kesehatan tubuh. Kandungan yang dimiliki oleh ikan bermanfaat bagi tubuh. Nutrisinya pun dapat terserap baik. Delapan kandungan penting yang terkandung di dalam ikan, antara lain
  • Omega-3
  • Protein
  • Kalsium
  • Vitamin-D
  • Fosfor
  • Yodium
  • Magneisum
  • Kalium
8 Kandungan Penting Dalam Ikan, Apa Saja Manfaat Mengonsumsinya?
source: http://www.pixabay.com
Dari 8 kandungan penting tersebut, masing-masing memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Bahkan omega-3 bagus untuk pertumbuhan anak-anak. Selain itu, apa aja manfaat mengonsumsi ikan secara rutin?

1. Membantu pertumbuhan otak dan tulang anak

Ikan mengandung protein dan omega-3 yang tinggi. Di mana omega-3 ini penting untuk pertumbuhan otak anak. Nutrisi lainnya seperti kalsium, vitamin D dan fosfor, bagus untuk pertumbuhan tulang anak. Adapun vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk menunjang perkembangan tubuh. Nutrisi-nutrisi di atas sangat dibutuhkan anak-anak saat masa pertumbuhan. Agar pertumbuhan dan perkembangan anak bisa sempurna.

1. Membantu pertumbuhan otak dan tulang anak
source: http://www.pixabay.com
baca juga

2. Baik untuk kesehatan jantung

Dr. Boy dari Dr. Oz Indonesia mengatakan, kandungan omega-3 dalam ikan baik untuk kesehatan jantung. Omega-3 juga dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Pernyataan ini didukung oleh Dr. Reisa, di mana lemak baik dan omega-3 dalam ikan membantu melawan lemak jahat penyebab kolesterol dalam darah. Hal ini dapat diasumsikan bahwa dengan rajin mengonsumsi ikan, dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Baik untuk kesehatan jantung
source: http://www.shutterstock.com

3. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer atau lebih dikenal dengan penyakit pikun dapat dihindari dengan mengonsumsi ikan. Sebuah penelitian menyebutkan, mengonsumsi ikan dengan cara dipanggang dapat melawan penyakit Alzheimer. Hal ini disebabkan kandungan omega-3 dalam ikan dapat meningkatkan daya ingat dan sel dalam otak menjadi lebih baik. Orang yang makan ikan panggang diketahui memiliki volume otak yang lebih besar. Volume otak yang lebih besar memiliki risiko penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer yang lebih rendah.

3. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer
source: http://www.doktersehat.com
baca juga

4. Mengurangi risiko depresi

Dr Reisa dari Dr. Oz Indonesia, mengatakan, mengonsumsi ikan dapat menurunkan risiko depresi. Sebuah penelitian menyebutkan, kandungan omega-3 dapat mengembalikan mood dan membuat otak menjadi lebih sehat. Penelitian lain juga mendukung hal ini, dibuktikan bahwa dengan mengonsumsi ikan dapat meningkatkan efektivitas obat antidepresan. Asam lemak, omega-3 dalam ikan dapat membantu mengatasi gangguan mental pada anak, seperti gangguan bipolar. Disimpulkan bahwa kandungan omega-3 merupakan nutrisi yang penting untuk otak yang sehat.

4. Mengurangi risiko depresi
source: http://www.pyscom.com

5. Untuk memelihara kesehatan mata

Ikan juga dikenal baik untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan di dalamnya berfungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan mata. Dan juga menghindari dari penyakit-penyakit yang dapat menyangkit mata. Salah satunya makula. Dengan rajin mengonsumsi ikan, Moms dapat terhindar dari degenerasi makula.
5. Untuk memelihara kesehatan mata
source: http://www.halodoc.com

6. Mencegah asma pada anak-anak

Konsumsi ikan yang teratur juga dapat mencegah asma pada anak-anak. Sebuah penelitian menunjukkan, anak-anak yang mengonsumsi ikan memiliki risiko lebih kecil terkena asma dibanding anak yang jarang mengonsumsi ikan. Selain asma yang dikarenakan faktor lingkungan, ikan juga dapat menghindari anak terkena asma dari bawaan keluarga atau genetik.
6. Mencegah asma pada anak-anak
source: http://www.familydoc.org
Nah, itu dia kandungan dan manfaat mengonsumsi ikan. Cukup banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh si kecil ya, Moms? Jangan lupa rajin mengonsumsi ikan, ya!