Di Indonesia, camilan merupakan makanan ringan yang wajib Moms sediakan di rumah. Selain untuk jaga-jaga jika tiba-tiba ada tamu yang datang, camilan juga wajib ada di rumah untuk menemani Moms sekeluarga nonton TV atau sekedar berkumpul bersama keluarga. Karena kumpul keluarga tanpa camilan itu hambar rasanya, Moms.

Seiring dengan berjalannya waktu, camilan di Indonesia pun semakin bervariasi. Inovasi camilan banyak bermunculan dan dibuat dari berbagai jenis bahan dan memiliki aneka rasa baik manis, asin, asam, dan pedas. Jika Moms penyuka camilan manis, Moms bisa mencoba camilan agar-agar kering.

Resep Agar-agar Kering Kesukaan Anak, Bisa Jadi Peluang Usaha Cemilan Nih, Moms!
source: http://www.agrowindo.com/

Camilan manis yang satu ini tidak hanya disukai anak-anak, Moms, tapi orang dewasa juga suka. Karena itu, agar-agar kering disebut merupakan peluang usaha camilan yang menggiurkan. Jika Moms ingin memulai bisnis rumahan, Moms bisa lho mencoba bisnis manis camilan agar-agar kering.

Meski terlihat receh, namun permintaan pasar akan camilan berbahan rumput laut ini cukup tinggi. Camilan ini mampu meningkatkan pemanfaatan pengolahan rumput laut menjadi produk dengan nilai jual tinggi. Selain itu, kandungan gizi dari agar – agar kering ini pun tidak kalah dengan produk camilan lainnya lho, Moms.

Manfaat Rumput Laut

Moms pasti sudah tahu dong khasiat rumput laut yang merupakan bahan dasar pembuat agar-agar kering. Rumput laut mengandung serat yang tinggi sehingga mengenyangkan dan mampu memperlancar proses metabolisme bagi tubuh, jadi sangat baik untuk dikonsumsi terutama bagi penderita obesitas. Kandungan nutrisi dari rumput laut ini patut dimanfaatkan sebaik mungkin agar siapa pun yang mengkonsumsinya menjadi lebih sehat. Nah, agar-agar kering ini menjadi salah satu cara supaya bahan rumput laut bisa dimanfaatkan, Moms.

Manfaat Rumput Laut
source: https://www.dream.co.id/

Agar-agar ini dihasilkan dari ekstraksi satu jenis rumput laut dan dicampurkan dengan aneka macam rumput laut. Bahan agar-agar ini mudah didapatkan sebab sudah beredar dipasaran, sehingga pembuatan camilan manis nan kenyal ini semakin sederhana.

baca juga

Resep Agar-Agar Kering

Jika Moms tertarik untuk memulai usaha camilan agar-agar kering, Moms bisa mencoba dahulu Resep Agar-Agar Kering berikut ini. Jika berhasil, Moms bisa mengemasnya dengan packaging yang cantik, kemudian Moms pasarkan bisa secara online maupun offline.

Bahan:

  • 1 bks (7 gr) agar2 bubuk tanpa warna
  • 1 sdt (5 gr) jeli bubuk plain
  • 200 gr gula pasir
  • 300 ml air
  • Perasa sesuai selera (saya skip)
  • Pewarna makanan sesuai selera
Resep Agar-Agar Kering
source: https://masak.id/

Cara Membuat:

  • Campur gula pasir, bubuk agar-agar dan bubuk jeli.
  • Didihkan air, masukkan campuran agar-agar. Aduk hingga mendidih kembali.
  • Beri perasa sesuai selera.
  • Bagi adonan menjadi beberapa bagian lalu beri warna.
  • Tuang ke loyang ukuran 16×16 cm (hasil lebih tebal) atau 20×20 cm (tipis seperti di foto). Dinginkan hingga mengeras.
  • Potong2 sesuai selera lalu jemur di bawah terik matahari selama 3-5 hari hingga muncul lapisan gula putih di permukaannya dan terasa kering.
  • Masukkan dalam toples dan sajikan.
Nah Moms, bagaimana? Mudah bukan membuat agar-agar kering. Selamat mencoba ya, Moms, dan semoga berhasil Mommies.