Ngilu Pada Gigi? Kenali Tanda Gigi Bungsu Geraham Tumbuh Tak Normal

Geraham bungsu

Gigi geraham bungsu pada umumnya baru akan tumbuh di usia sekitar 18 hingga 20 tahun. Dan biasanya munculnya gigi ini terakhir setelah gigi-gigi yang lain tumbuh permanen. Namun uniknya, tidak semua orang memiliki geraham bungsu ini. Pada beberapa orang gigi geraham ini sama sekali tidak tumbuh, karena alasan tertentu. Sayangnya walau tumbuhnya geraham bungsu merupakan hal wajar, tapi karena rahang sudah tidak tumbuh lagi sehingga tumbuhnya geraham ini bisa menimbulkan banyak masalah lho moms.

Tapi dibalik itu semua, para dokter dan ahli kesehatan gigi menyebutkan bahwa tumbuhnya gigi geraham bungsu penting sekali untuk menghadirkan keselarasan gusi, serta membuat tatanan gigi menjadi lengkap dan seimbang, sehingga membantu untuk mengunyah makanan dengan lebih lembut dan berimbang.

Ngilu Pada Gigi? Kenali Tanda Gigi Bungsu Geraham Tumbuh Tak Normal

Masalah Muncul Karena Pertumbuhan Geraham Bungsu

Jika menyebut gigi geraham bungsu pasti banyak banyak orang akan berpendapat mengenai rasa sakitnya. Merasa ngilu adalah hal yang dikaitan erat dengan pertumbuhan gigi susu. Hal ini terjadi karena gigi ini tumbuh paling akhir sehingga mengacau tatanan gusi pada rahang sudah tetap. Selain itu, rahang yang tidak lagi mengalami pertumbuhan untuk memberikan tempat bagi gigi geraham bungsu jadi gigi saling bertabrakan.

Masalah lain yang bisa muncul adalah impaksi atau kondisi di mana pertumbuhan gigi geraham bungsu berlangsung dengan tidak normal sehingga mengganggu gigi lainnya dan menimbulkan rasa sakit. Karena saat gigi geraham bungsu tumbuh tidak mendapatkan tempat, akibatnya gigi ini mulai tumbuh miring, tidak lagi lurus.

Bahkan menurut Dokter gigi Dr Anitha Anchan di Health.India,) mengatakan karena gagal tumbuh seluruhnya, kebanyakan gigi geraham bungsu yang tumbuh tak sejajar. Sehingga hanya muncul sebagian atau melewati garis gusi.

Dan karena terus tumbuh gigi geraham bungsu akan mendorong gigi geraham didekatnya alibatnya gigi lain mulai miring, bergeser, dan bahkan menjadi rusak. Maka dari itu masalah gigi geraham bungsu tumbuh miring ini tidak bisa dianggap main-main dan perlu segera dicarikan solusinya. Sebab tanpa solusi yang tepat, perlahan-lahan tatanan gigi dan gusi dalam mulut akan berantakan berakibat pada kerusakan pada gigi lain.

Begitulah tadi ulasan mengenai gigi geraham bungsu ya moms. Dengan ini semoga moms makin tahu mengenai apa itu gigi geraham bungsu ya. Oh ya moms karena efek berantai dari gigi geraham ini cukup berbahaya. Maka penting untuk konsultasi dokter ya jika perlu lakukan operasi pengangkat gigi agar lebih aman dan nyaman. Semoga info ini bermanfaat.