Atur Jadwal Harian Anak Menjadi Lebih Sederhana

Tips Mendidik Anak dengan ADHD, Ini 5 Hal yang Harus Moms Lakukan
source: https://g6.psychcentral.com/b

Buatlah kegiatan harian anak-anak menjadi lebih sederhana dan mudah. Siapkan sebuah ruangan khusus yang tenang untuk ia belajar membaca, mengerjakan pekerjaan rumah, serta beristirahat sejenak dari beragam distraksi kehidupan sehari-hari. Kegiatan yang sederhana juga akan membuat anak lebih mudah fokus dan tidak gampang teralihkan.


Batasi Kemungkinan Gangguan

Tips Mendidik Anak dengan ADHD, Ini 5 Hal yang Harus Moms Lakukan
source: https://learningworksforkids.com/

Dilansir dari Healthline, anak-anak dengan ADHD sangat mudah terganggu fokusnya karena hal-hal kecil. Itu sebabnya, keberadaan televisi, video game, dan komputer, dan beragam benda lain yang mendorong perilaku impulsif dan harus sangat diatur dengan disiplin. Dengan mengurangi waktu gadget dan durasi mengakses barang-barang elektronik, si kecil akan dapat meningkatkan waktu melakukan aktivitas menarik di luar rumah.

baca juga


Mengatur Pola Tidur Teratur

Tips Mendidik Anak dengan ADHD, Ini 5 Hal yang Harus Moms Lakukan
source: http://thespoke.earlychildhoodaustralia.org.au/

Waktu tidur akan menjadi hal yang penting bagi anak-anak yang menderita ADHD. Kurangnya waktu tidur dapat berisiko memperburuk hilangnya fokus, kurangnya perhatian, hiperaktif, dan meningkatnya kecerobohan. Membantu si kecil untuk mendapatkan tidur yang lebih baik adalah hal yang penting. Salah satu caranya dapat dilakukan dengan menghilangkan stimulan seperti gula dan kafein, serta mengurasi waktu menonton televisi. Jangan lupa untuk selalu membuat ritual tidur yang sehat dan menenangkan.


Percayakan pada Anak

Tips Mendidik Anak dengan ADHD, Ini 5 Hal yang Harus Moms Lakukan
source: https://www.verywellfamily.com/

Anak dengan ADHD kemungkinan tidak menyadari stres dan tekanan yang disebabkan oleh kondisi mereka. Itulah sebabnya sangat penting untuk tetap positif dan selalu membesarkan hati saat membesarkan anak dengan ADHD. Apresiasi perilaku baik anak dengan pujian dan kasih sayang sehingga mereka tahu bahwa sesuatu dilakukannya adalah hal yang benar. Ia mungkin kesulitan dengan ADHD yang dimilikinya sekarang, tetapi itu tidak akan bertahan selamanya. Percayakan ia dan bersikaplah positif tentang masa depan mereka. 

baca juga


Istirahat Sejenak

Tips Mendidik Anak dengan ADHD, Ini 5 Hal yang Harus Moms Lakukan
source: https://www.newskarnataka.com/

Terakhir, merupakan hal yang normal bagi seorang ibu dengan anak ADHD untuk merasa kewalahan atau frustrasi dengan diri sendiri atau si kecil. Sama seperti anakmu, Mommy juga perlu istirahat saat belajar. Jadi, pastikan untuk menjadwalkan me time untuk menjaga mood, stabilitas emosi, dan ketenangan diri.